PENGARUH PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

Sahlu Rapina, (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan rendahnya kemampuan representasi dan kemampuan komunikasi matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model student facilitator and explaining (sfae) terhadap kemampuan representasi dan komunikasi matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian ini adalah Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design yang dilakukan di SMPN 2 Susukan dengan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan VIII�B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model student facilitator and explainning adalah sebesar 73,9% dengan kriteria kuat. Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan representasi sebesar 81,7% dengan kriteria sangat baik, dan untuk kemampuan komunikasi sebesar 82,67% dengan kriteria baik. Hasil uji linieritas pada kemampuan representasi didapatkan nilai sig 0,250, pada kemampuan komunikasi nilai sig 0,167. Untuk uji korelasi didapatkan r hitung adalah 0,338, pada kemampuan komunikasi didapatkan r hitung sebesar 0,361. Dalam uji determinasi kemampuan representasi memiliki pengaruh sebesar 11,4% dengan uji regresi diperoleh persamaan regresi Y = 160,021 + 0,313 X. Untuk kemampuan komunikasi memiliki pengaruh sebesar 13,1% dengan uji regresi diperoleh persamaan regresi Y = 153,698 + 0,385 X, dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t, pada kemampuan representasi didapat nilai sig 0,000 < 0,05, pada kemampuan komunikasi didapat nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis diterima bahwa terdapat pengaruh pembelajaran matematika dengan model student facilitator and explaining terhadap kemampuan representasi matematis dan kemampuan komunikasi matematika siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi, Kemampuan Komunikasi, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:51
Last Modified: 22 Dec 2022 04:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8901

Actions (login required)

View Item View Item