PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KARTUN MATERI STATISTIKA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Rana, (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KARTUN MATERI STATISTIKA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Kurangnya motivasi belajar mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa, diakibatkan dari sumber belajar yang kurang menarik seperti buku teks dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang isinya yang hanya memuat rumus dan materi dengan desain yang monoton, sehingga banyak siswa yang mengeluh pusing, malas dan bosan khususnya pada pelajaran matematika, oleh sebab itu perlunya ada inovasi baru dalam sumber belajar yaitu LKPD berbasis kartun materi statistika kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis kartun, mengetahui kelayakan bahan ajar LKPD berbasis kartun dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Salafiyah Bode dengan adanya LKPD berbasis kartun. Subjek uji coba penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII F sebagai kelas uji coba instrument tes dan angket, 36 siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas D sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain pengembangan model 4D oleh Triagarajan dan Semmel yaitu 1) Define 2) Design 3) Develop dan 4) Disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Penentuan tingkat kelayakan produk berdasarkan uji validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dikatakan layak apabila memperoleh kriteria minimal valid dan dari respon siswa. Hasil validasi para ahli terhadap LKPD berbasis kartu materi statistika menunjukan nilai rata-rata 96% dan dari hasil respon siswa diambil dari aspek kemudahan penggunaan, daya tarik dan efesiensi dengan hasil rata-rata yaitu 91,94% artinya bahwa LKPD berbasis kartun sangat valid dan dinyatakan layak digunakan. Dari hasil angket motivasi belajar matematika siswa pada uji pengembangan kelas eksperimen menunjukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 dengan demikian nilai signifikasi < 0,05 artinya pengembangan LKPD berbasis kartun dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari hasil nilai N-Gain pada kelas eksperimen dengan rata – rata 0,5239 dengan kriterian indeks N-Gain sedang dan kelas kontrol dengan rata – rata 0,167 dengan kriterian indeks N-Gain maka kita bisa simpulkan bahwa nilai N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang artinya LKPD berbasis kartun materi statistika lebih baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada pelajaran matematika dan untuk memperkuat hasil tersebut dibuktikan perbandingan dengan hasil postest kelas eksperimen yaitu memperoleh rata – rata hasil 81,83 dan kelas kontrol yaitu memperoleh rata – rata hasil 72, 5 dengan nilai yang kriteria ketuntasan minimal (KKM) di MTs Salafiyah Bode dinyatakan tuntas apabila nilai ≥ 75, maka kelas eksperimen dinyatakan tutas karena 81,83 ≥ 75 sedangkan kelas kontrol dinyatakan belum tuntas karena 72,5 ≤ 75. Bisa disimpulkan bahwa LKPD berbasis kartun dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: LKPD berbasis kartun, Motivasi belajar matematika, Pengembangan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:38
Last Modified: 22 Dec 2022 06:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8914

Actions (login required)

View Item View Item