PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN CERITA

Windi Anjani, (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENGGUNAKAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN CERITA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan problem solving berbantuan cerita yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plom yang terdiri dari 5 fase pengembangan, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase perancangan desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, (5) fase implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini lembar angket validasi LKPD, lembar angket respon peserta didik terhadap LKPD, soal pretest-posttest, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Cirebon dengan sampel peserta didik kelas XI MIA 1 yang berjumlah 30 peserta didik pada materi turunan fungsi aljabar. Berdasarkan hasil validasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan problem solving berbantuan cerita didapat bahwa LKPD tersebut dinyatakan valid dengan perolehan skor pada ahli media sebesar 96,5, skor ahli materi sebesar 84, dan skor ahli bahasa sebesar 45. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik terhadap penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan problem solving berbantuan cerita yang disebarkan kepada 30 peserta didik kelas XI MIA 1 didapat bahwa LKPD tersebut dinyatakan praktis dengan skor rata-rata 92,9. Berdasarkan nilai pretest-posttest peserta didik, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan problem solving berbantuan cerita memenuhi kriteria efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil uji wilcoxon menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest-posttest karena nilai sig. 0,000 < 0,05. Selain itu, nilai mean rank pada positif rank yang bernilai 15.00 menyatakan bahwa terdapat peningkatan dari nilai pretest ke nilai posttest sebesar 15.00. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan problem solving berbantuan cerita memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Dikarenakan keterbatasan dan kekurangan dalam pengembangan ini, peneliti menyarankan untuk peneliti lanjutan, agar mempersiapkan dana lebih pada fase implementasi dikarenakan pada fase implementasi peneliti harus menyebar luaskan bahan ajar yang telah dikembangkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD Matematika, Problem Solving, Cerita, Hasil Belajar, Model Plomp, Materi Turunan Fungsi Aljabar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:51
Last Modified: 22 Dec 2022 06:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8918

Actions (login required)

View Item View Item