Permata Sukmana Putri, (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBANTUAN KOMIK DITINJAU DARI MINAT BACA SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (62kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbantuan komik yang valid, praktis, dan efektif terhadap minat baca siswa. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ada model pengembangan Plomp yang memiliki 5 tahapan, yaitu: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, (5) fase implementasi. Dalam penelitian ini, instrument yang digunakan yaitu lembar angket validasi LKPD komik, lembar angket respon siswa, lembar angket minat baca sebelum dan sesudah pembelajaran, lembar observasi aktivitas minat baca siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Palimanan dengan sampel peserta didik kelas VIII H berjumlah 27 siswa pada materi lingkaran. Berdasarkan hasil validasi LKPD berbantuan komik dinyatakan valid, dengan skor rata-rata ahli media sebesar 72 berada pada kategori sangat baik (x > 63), skor rata-rata ahli materi sebesar 64 berada pada kategori sangat baik (x > 63), dan skor ahli bahasa sebesar 43 berada pada kategori sangat baik (x > 42,39). Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap LKPD berbantuan komik memperoleh persentase 77,77%, sehingga masuk dalam kategori baik, yang berarti LKPD berbantuan komik praktis dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil angket dan observasi minat baca siswa memenuhi kriteria efektif dalam meningkatkan minat baca siswa. Dari hasil uji sample paired test berdasarkan angket minat baca menyimpulkan adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan LKPD berbantuan komik (Ha diterima dan H0 ditolak), dengan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,005. Selain itu n-gain dari angket minat baca siswa sebesar 0,53 berada pada kategori sedang. Sedangkan berdasarkan observasi minat baca sebelum menggunakan LKPD berbantuan komik memperoleh persentase rata�rata 54,50% berada pada kategori cukup, dan setelah menggunakan bahan ajar LKPD berbantuan komik memperoleh persentase rata-rata 80,95% berada pada kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbantuan komik memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Untuk itu disarankan bagi guru memanfaatkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbantuan komik dalam pembelajaran, dan juga untuk pengembang lain disarankan meperluas objek pengembangan dan membuat materi lain untuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbantuan komik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika, Komik, Minat Baca |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 06:57 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 06:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8920 |
Actions (login required)
View Item |