PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONCEPTUAL CHANGE TEXT DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA

Syifa Wahyuningsih, (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONCEPTUAL CHANGE TEXT DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran matematika pemahaman konsep merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh siswa. Jika pemahaman konsep siswa tidak sesuai dengan konsep yang telah disepakati para ahli maka siswa akan mengalami suatu gejala berupa miskonsepsi. Miskonsepsi jika tidak ditangani lebih lanjut maka akan berpengaruh pada pemahaman konsep mengenai materi ajar pada tingkat berikutnya. Miskonsepsi dapat terjadi pada siswa dikarenakan beberapa faktor, salah satunya yaitu media pembelajaran yang digunakan. Pada perkembangan zaman saat ini media pembelajaran sudah berkembang menjadi digital seperti multimedia pembelajaran interaktif, adapun sajian materi didalamnya haruslah dapat mereduksi miskonsepsi siswa, salah satu pendekatan penyajian materi yang dapat diterapkan yaitu dengan pendekatan Conceptual Change Text (CCT), dengan menggunakan pendekan CCT maka pada saat siswa membaca materi konsep tersebut, siswa dapat mendiagnosis dan mengenali kesalahan konseptual yang dialami, dan mengubah kesalahan konseptual tersebut dengan konsep yang ilmiah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hasil analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan pendekatan CCT dalam mereduksi miskonsepsi siswa. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE, terdiri dari lima tahapan meliputi 1)Analysis (analisis); 2)Design (desain); 3)Development (pengembangan); 4)Implementation (implemnetasi); dan 5)Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian ini adalah memperoleh deskripsi analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis peserta didik, berdasarkan ketiga analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran di tempat penelitian telah terbiasa menggunakan teknologi sebagai alat bantu dalam pembelajaran sehingga sesuai untuk dapat diterapkan pembelajaran menggunakan multimedia pembelajaran interaktif, menghasilkan desain produk berupa kerangka multimedia pembelajaran interaktif menggunakan pendekatan CCT dan disusun berdasarkan storyboard (desain media) dan flowchart (diagram alir), menghasilkan pengembangan produk mengacu pada desain yang telah dibuat pada tahap sebelumnya serta menghasilkan nilai validitas dari ahli materi dan media masing-masing sebesar 0,872 dan 0,877 termasuk kategori valid (tinggi), menghasilkan data kepraktisan pada saat implementasi sebesar 4,21 (sangat baik) dan menghasilkan evaluasi berupa keefektifan produk dalam mereduksi miskonsepsi berupa nilai n-gain sebesar 0,7579 (tinggi). Dengan demikian pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan pendekatan Conceptual Change Text dapat mereduksi miskonsepsi siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Multimedia pembelajaran interaktif, Conceptual Change Text, Miskonsepsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:07
Last Modified: 22 Dec 2022 07:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8924

Actions (login required)

View Item View Item