EVALUASI PROGRAM PERSIAPAN KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) BIDANG MATEMATIKA DI MAN 1 CIREBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP

Khosyi'ah, (2021) EVALUASI PROGRAM PERSIAPAN KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) BIDANG MATEMATIKA DI MAN 1 CIREBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Program persiapan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang matematika telah berlangsung sejak tahun 2014 dan kurang lebih sudah berjalan selama delapan tahun di MAN 1 Cirebon. Melalui program ini MAN 1 Cirebon pernah menjuarai tingkat Kota/Kabupaten dengan meraih juara 1 terakhir kalinya pada tahun 2017. Namun setelah kejuaran itu, sampai sekarang belum menunjukan keberhasilan lagi baik tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, ataupun Nasional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengevaluasi program tersebut untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan dan keberhasilannya. Evaluasi ini menggunakan model CIPP yang terdiri dari empat aspek yaitu context, input, process, dan product. Subjek penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru pembimbing KSM bidang matematika, peserta program, dan siswa kelas 11 MAN 1 Cirebon Tahun ajaran 2021/2022. Siswa kelas 11 di MAN 1 Cirebon ini terdapat 3 jurusan dan berjumlah 12 kelas, namun dalam penelitian ini peneliti memilih 3-5 siswa yang mendapatkan ranking tertinggi dari tiap kelasnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, kuesioner, dan analisis dokumen. Hasil evaluasi menunjukan bahwa program tersebut masih layak dilanjutkan. Aspek konteks yang meliputi lingkungan belajar, kebutuhan lembaga, target sasaran dan peserta program, serta tujuan dari program ini dikategorikan baik, karena dapat mengembangkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki oleh siswa serta dapat memberikan konstribusi dalam Olympiade Sains Nasional (OSN) atau Kompetisi Sains Nasional (KSN). Aspek input dikategorikan baik, karena ketersediaan dan kelayakan sarana prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM) yang mendukung yaitu meliputi kualifikasi guru pembimbing serta minat dan bakat siswa, dan rencana strategi yang ditetapkan sekolah untuk mencapai tujuan program. Aspek proses meliputi strategi dan penggunaan sarana, komponen proses pelaksanaan program dikategorikan baik, hal ini dilihat dari strategi guru pembimbing yang digunakan, kualitas pengajarannya, respon siswa yang aktif, metode pengajaran yang diterapkan dan materi yang disampaikan. Aspek produk yang meliputi hasil yang diperoleh dari program dikategorikan cukup baik karena sudah pernah menjuari 1 pada tingkat Kabupaten, dan siswa yang menjadi peserta program sudah ada beberapa yang pernah mengikuti berbagai lomba diluar program ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Program persiapan KSM, Matematika, Evaluasi, CIPP
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:04
Last Modified: 23 Dec 2022 04:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8966

Actions (login required)

View Item View Item