UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3

Siti Rohmah Assidiqiyah, (2022) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (985kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, permasalahan yang diteliti adalah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui media pembelajaran interaktif articulate storyline 3 lebih baik daripada tanpa media pembelajaran interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui media pembelajaran interaktif articulate storyline 3 di SMP Negeri 1 Cidahu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel dalam penelitian yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pemilihan sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Dalam metode pengujian, pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan. Pengujian validitas instrumen tes dilakukan dengan penilaian ahli dan juga analisis poin-poin dari pertanyaan instrumen tes dilakukan, yaitu dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembeda. Selain itu, dilakukan uji kelayakan sebagai media pembelajaran interaktif oleh para ahli di bidangnya. Tes reliabilitas untuk instrumen uji kemampuan pemahaman matematika siswa dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji independent sample t test dan uji N-gain. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman matematis siswa kelas eksperimen pada saat pretest relatif rendah dan skor posttest cukup. Sedangkan, kemampuan pemahaman matematis siswa kelas kontrol pada saat pretest relatif rendah dan nilai posttest masih relatif rendah. (2) Ada perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui media pembelajaran interaktif articulate storyline 3 lebih baik daripada tanpa media pembelajaran interaktif (konvensional). Hal ini terlihat dari hasil data N-gain dan uji t N-gain pada kemampuan pemahaman matematis siswa yang menunjukkan bahwa thitung = 3,154 lebih besar dari ttabel = 2.048. Selain itu, hasil perhitungan effect size diperoleh

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis, Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:47
Last Modified: 23 Dec 2022 04:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8973

Actions (login required)

View Item View Item