PENGARUH MODEL THREE STEP INTERVIEW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PLUMBON

Tika Puspita Sari, (2022) PENGARUH MODEL THREE STEP INTERVIEW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PLUMBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model three step interview terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain randomized pretest-posttest control group design. Eksperimentasi dalam penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Plumbon dengan VIII B sebagai kelas kontrol dan VIII A sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes dan angket. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model three step interview adalah sebesar 73,3% dengan kategori kuat. Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 69,9%. Hasil uji linieritas pada kemampuan pemecahan masalah matematis didapatkan nilai Sig 0,641. Hasil uji korelasi didapatkan r hitung sebesar 0,382. Dalam uji determinasi kemampuan pemecahan masalah matematis memiliki pengaruh sebesar 11,4% dengan uji regresi diperoleh persamaan regresi Y = 90,974 + 0,306 X. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t independen pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa didapat nilai Sig 0,01<0,05 sehingga hipotesis diterima bahwa terdapat pengaruh model three step interview terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Plumbon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Three Step Interview
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:52
Last Modified: 23 Dec 2022 04:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8974

Actions (login required)

View Item View Item