PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 3CM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Amalia, (2022) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 3CM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika yang diajarkan menggunakan model pembelajaran 3CM, (2) Mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PAIKEM, (3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran 3CM dengan PAIKEM.. Subjeknya adalah siswa kelas VII A dan kelas VII D SMP N 1 Plumbon Kab. Cirebon TA 2021/2022. Pada penelitian ini terdapat 3 variabel, yakni variabel bebas berupa model pembelajaran 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) dan model pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenenangkan). Kemudian, untuk variabel terikat berupa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pengambilan data menggunakan tes uraian atau posttest dan angket yang diolah dengan menggunakan software SPSS versi 25 dan software Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PAIKEM lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran 3CM secara data statistik deksriptif peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa model PAIKEM 85,6571 sedangkan model 3CM 72,5143. Kemudian, terdapat juga perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran 3CM dan model pembelajaran PAIKEM dengan nilai signifikan sebesar 0,000 . sedangkan dilihat dari angket siswa pada penerapan model pembelajaran 3CM 68,25% (baik) sedangkan model pembelajaran PAIKEM 69,5% (baik).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: 3CM, PAIKEM, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:23
Last Modified: 23 Dec 2022 06:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8980

Actions (login required)

View Item View Item