Atun Kurniasih, (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL BLENDED PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa merupakan kemampuan menemukan serta menyelesaikan permasalahan matematika yang mencakup komponen-komponen: kelancaran, keluwesan, keaslian dan kerincian. Kemampuan berpikir kreatif matematika akan mendorong siswa untuk dapat melihat sudut pandang yang berbeda dan menghubungkannya dengan pengetahuan yang sudah ada. Tetapi pada kenyataannya, kemampuan berpikir kreatif matematika siswa masih tergolong rendah. Salah satu yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran. Model pembelajaran ialah suatu kerangka konseptual yang melukiskan prosedur secara sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu, agar tujuan pembelajaran matematika tercapai guru harus bisa memilih model pembelajaran untuk dapat mendorong siswa melatih kemampuan berpikir kreatif matematikanya. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa ialah menggabungkan model blended learning dengan model project based learning. Model blended project based learning merupakan suatu model pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran online dengan offline dan berkolaborasi untuk dapat merancang, mengulang, dan menyelesaikan tugas yang berbasis proyek. Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui penerapan model blended project based learning dalam mengatasi kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Pesantren Nahdlatul Wathon Cikedung tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang diambil adalah kelas VIII A, VIII B, dan VIII C sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan yakni diperoleh nilai sebesar 6,248 maka diperoleh sebesar 2,060. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yang telah ditetapkan, dengan demikian maka > . dengan taraf signifikansi = 0.05 sedangkan nilai signifikansi yang diperoleh 6,248 maka nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi. Ini berarti ditolak yang artinya bahwa terdapat pengaruh penerapan model blended project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kreatif, model Blended Project Based Learning, pembelajaran matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 07:02 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 07:02 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8996 |
Actions (login required)
View Item |