PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA

Villa Nur Barra F, (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan, yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, LKPD, lembar validasi LKPD oleh ahli, angket respon peserta didik terhadap LKPD, lembar validasi soal pretest-posttest oleh ahli, dan soal pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di MAN 4 Cirebon dengan sampel peserta didik kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 31 peserta didik pada materi turunan fungsi aljabar. Berdasarkan hasil validasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dinyatakan sangat valid yang ditinjau dari aspek didaktif, konstruktif, teknik, materi dan HOTS yaitu dengan perolehan skor 81,25 %. Berdasarkan hasil respon peserta didik terhadap LKPD dinyatakan praktis dengan perolehan skor 63,15 % menunjukan bahwa pesera didik tertarik menggunakan LKPD. Berdasarkan hasil validasi soal pretest dan posttest oleh ahli dinyatakan sangat valid dengan perolehan skor 84 %. Adapun untuk keterampilan berpikir krtitis matematika menunjukan adanya peningkatan dengan nilai standard gain 0,38 termasuk kategori sedang. Sedangkan peningkatan berdasarkan level keterampilan berpikir kritis menurut Ennis, peserta didik mengalami peningkatan dari level 2 ke level 3 dan 5. Validitas soal pretest dan posttest dinyatakan valid karena thitung > 1,71. Reliabilitas soal pretest dan posttest sebesar 0,7010472 dan 0,713179 termasuk kategori tinggi. Uji beda yang dikalkulasikan berbantuan microsoft excel dengan nilai signifikansi (p) < 0,05 maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis matematika sebelum dan setelah diberikan LKPD berbasis HOTS.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKPD, HOTS, dan Keterampilan Berpikir Kritis Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:14
Last Modified: 23 Dec 2022 07:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9002

Actions (login required)

View Item View Item