Bintang Mahathir, (2021) PERAN GURU PAI DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 12 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
cover dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_Bintangmahathir_1708101172.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (480kB) | Preview |
Abstract
Secara tradisional arti dari perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat juga diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan namun lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi yang dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri. Perpustakaan sekolah merupakan sarana yang diperuntukkan agar proses belajar-mengajar lebih bersifat aktif dan dinamis. Karena itu, perpustakaan sekolah tidak hanya berguna bagi tenaga pendidik atau guru saja dalam kaitannya untuk mempersiapkan bahan yang akan diajarkan, melainkan juga berguna bagi para peserta didik. Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh seseorang dalam belajar sesuai kapasitas (kemampuan, kecakapan, dan kesanggupan) yang dimilikinya. Kapasitas yang terdapat dalam individu antara lain intelegensi, bakat, minat, dan motivasi yang semuanya itu memengaruhi pencapaian belajar yang maksimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang peran guru PAI dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah, mengetahui prestasi belajar siswanya, dan factor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh guru PAI. Peran terdiri atas harapan-harapan yang melekat pada ciri-ciri perilaku tertentu yang seharusnya dilaksanakan oleh sesorang yang menduduki posisi atau status sosial tertentu dalam masyarakat. Fokus utama peran di sini adalah peran guru dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar PAI siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PAI sudah cukup baik dalam menjalankan perannya sebagai guru, yaitu dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat belajar. Prestasi siswa sudah cukup baik, kendala di perpustakaan hanya kurangnya buku dan solusi yang diberikan siswa membawa buku sendiri dari rumah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI, Prestasi Belajar, dan Perpustakaan Sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 01:38 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 01:38 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9014 |
Actions (login required)
View Item |