Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2020/2021

Muhammad Kiki Muzaqqi, (2021) Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2020/2021. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER sd DAFTAR ISI.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Pengaruh orang tua terhadap pendidikan anak sangatlah besar, namun pada kenyataanya kemampuan orang tua dalam memberikan pendidikan terutama pendidikan agama Islam belum bisa dikatakan baik. Hal ini dikaitkan dengan status sosial dan latar belakang pendidikan formal orang tua yang beragam pula. Orang tua yang mempunyai tingkat pendidikan tinggi biasanya memiliki harapan yang tinggi pula terhadap pendidikan anak-anaknya yang menyebabkan siswa/anak termotivasi untuk bisa menyamai orang tuanya, sehingga prestasi belajar siswa tersebut juga biasanya tinggi. Hal ini tentu bertentangan dengan orang tua yang memiliki tingkat pendidikan rendah dimana dengan keterbatasan ilmu yang dimilikinya maka dalam mengasuh dan mendidik anaknya biasanya terkesan kurang kompleks sehingga prestasi belajar siswa/anak juga ikut rendah. Tetapi tidak semua orang tua yang memiliki latar pendidikan yang tinggi mampu memberi perhatian kepada anaknya dan sebaliknya ada orang tua yang tingkat pendidikannya rendah justru mampu memberi perhatian yang lebih kepada anaknya sehingga berkat perhatian ini kemungkinan apapun dapat terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui taraf tingkat pendidikan formal orang tua siswa kelas VIII SMPN 1 Plered Kab.Cirebon. 2) mengetahui prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 1 Plered Kab. Cirebon. 3) mengetahui besar pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 1 Plered Kab. Cirebon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Plered Cirebon tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 205 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi nilai rapot siswa, metode kuosioner broadcast message untuk mendapatkan data pendidikan formal orang tua responden dan wawancara informal. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis statistik pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis regresi satu prediktor dan koefesien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat pendidikan ayah dan ibu 40 responden tidak sama tingkatannya mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. 2) Prestasi PAI siswa kelas VIII SMP N 1 Plered Kab. Cirebon berkategori sedang dengan rata-rata (mean) nilai peserta didik yaitu 78,125 yang berada pada interval sedang yakni (76-78,4). 3) Dari hasil uji statistik analisis regresi satu prediktor didapat tingkat pendidikan formal orang tua tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dengan prestasi bidang studi PAI siswa kelas VIII di SMP N 1 Plered tahun ajaran 2020/2021 dan uji statistik koefesien determinasi variabel X hanya berpengaruh 3,5% yang berarti 96,5% sisanya variabel Y dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pendidikan Formal Orang Tua, Prestasi PAI Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:30
Last Modified: 28 Dec 2022 02:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9027

Actions (login required)

View Item View Item