Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Melalui Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii SMPN 1 Gempol Di Masa Pandemi

Mochammad Cair Warlamsyah Putra, (2021) Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Melalui Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii SMPN 1 Gempol Di Masa Pandemi. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa guru telah memanfaatkan metode pembelajaran dengan baik. Namun, motivasi belajar relatif rendah. Indikator motivasi yang rendah ini terlihat dalam bentuk misalnya tidur di kelas, tidak mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Dengan itu dipilihkan satu metode alternatif yaitu metode pembelajaran Blended Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukankan untuk mengetahui apakah efektifitas metode pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VIII SMPN 1 Gempol kabupaten Cirebon sudah baik, untuk mengetahui apakah motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII SMP N 1 Gempol sudah baik. Dan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas metode pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII SMP N 1 Gempol. Metode pembelajaran Blended Learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh atau e-learning. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri anak yang mampu menimbulkan kesemangatan atau kegairahan belajar. Dengan efektifitas metode tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Penyusun menggunakan metode kuantitatif dan dua jenis data. Yaitu data teoritik yang diperoleh dari buku yang ada hubungannya dengan masalah skripsi. Dan data empirik diperoleh melalui penelitian langsung ke objek penelitian dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan angket mengenai efektifitas metode pembelajaran Blended Learning diperoleh hasil sebesar 80% yang menunjukkan baik. Adapun motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMP N 1 Gempol dengan menyebarkan angket diperoleh hasil sebesar 81,9% yang menunjukkan baik. Efektifitas metode pembelajaran Blended Learning dengan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII SMP N 1 Gempol yang dilihat dari angket menunjukkan hubungan yang cukup signifikan. Besaran efektifitas adalah sebesar 78,8 dan 22,2% lagi ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas metode pembelajaran Blended Learning, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:41
Last Modified: 28 Dec 2022 02:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9030

Actions (login required)

View Item View Item