Farkha Tuddiyana, (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA MELALUI METODE TALAQQI PADA AL-QUR’AN JUZ 30 DI KELAS VII MTs NU ASSALAFIE BABAKAN CIWARINGIN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (949kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (456kB) | Preview |
Abstract
Sekolah MTs NU Assalafie Babakan Cirebon ini merupakan sekolah lembaga formal yang berada dilingkungan pondok pesantren, di sekolah ini memiliki sebuah program unggulan yaitu program tahfidz. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kegiatan rutinan dipondok pesantren yaitu khataman sehingga sekolah ini membantu para siswa untuk mengikuti kegiatan rutinan tersebut. Strategi guru sangat berperan penting dalam membantu para siswa untuk menghafal juz 30. Maka dari itu seorang guru harus bisa memilih dan menggunakan strategi yang tepat dalam meningkatkan hafalan Al�Qur’an juz 30, supaya siswa merasa mudah ketika dalam menghafal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan hafalan siswa melalui metode talaqqi pada Al-Qur’an juz 30 di Kelas VII. Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hafalan siswa melalui metode talaqqi pada Al-Qur’an juz 30 di Kelas VII. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan siswa melalui metode talaqqi pada Al-Qur’an juz 30 di Kelas VII MTs NU Assalafie Babakan Ciwaringin Cirebon. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu metode yang bertujuan untuk memahami kondisi secara mendalam mengenai apa yang sebenarnya terjadi dilapangan. Data dari penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data itu dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya strategi yang baik maka akan meningkatkan hafalan siswa, sebab siswa merasa mudah dalam menghafal. Karena seorang pendidik sangat berperan penting dalam perkembangan siswa pada hafalan juz 30. Kemudian dapat mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan hafalannya, serta dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengahafalkan juz 30.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Metode Talaqqi, Hafalan Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 07:06 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 07:06 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9054 |
Actions (login required)
View Item |