PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL – QUR’AN HADITS DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AN-NUR KOTA CIREBON

Arin Iryany Shofy, (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL – QUR’AN HADITS DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan penulis di MTs An-Nur Kota Cirebon, bahwa model pembelajaran Active Learning itu telah dilaksanakan di MTs An-Nur Kota Cirebon ini, tetapi belum maksimal. Kemudian guru Al�Qur’an Hadits menerapkan model pembelajaran Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing untuk membuat siwa lebih aktif dan mandiri. Setelah diterapkannya model pembelajaran ini pemahaman siswa mengenai materi tajwid lebih baik dan hasil belajarnya juga sangat memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs An-Nur Kota Cirebon, mengetahui kendala atau hambatan guru Al-Qur’an Hadits Menerapkan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing di kelas VIII MTs An-Nur Kota Cirebon, mengetahui efektifitas dan hasil pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menerapkan model pembelajaran Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing di kelas VIII MTs An-Nur Kota Cirebon. Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing adalah metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa terhadap materi pelajaran dengan cara bertukar pengetahuan sehingga siswa dapat mengemukakan pendapat dan lebih terfokus kepada materi. Pembelajaran Active Knowledge Sharing merupakan bagian dari active learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, kemudian subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan siswa kelas VIII D MTs An-Nur Kota Cirebon, teknik pengumpulan data dilakukan yaitu dengan obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Active Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII mengenai materi tajwid siswa dapat memahami pembelajaran dengan baik dan siswa lebih aktif berpendapat serta mandiri, kemudian dengan persiapan yang matang tidak akan ada hambatan dan kendala pada saat menerapkan model pembelajaran ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Active Knowledge Sharing, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:59
Last Modified: 29 Dec 2022 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9066

Actions (login required)

View Item View Item