Hany Latifah, (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP SIKAP SOSIAL SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PEMBANGUNAN KECAMATAN MANDIRANCAN KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (442kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada fakta bahwa sikap yang ditunjukkan oleh para siswa dewasa ini tidak mencerminkan seorang pelajar. Terlebih lagi dengan adanya masa pandemi yang membuat para pendidik tidak dapat maksimal dalam membina akhlak anak, termasuk pembelajaran akidah akhlak yang seharusnya dapat membina akhlak mulia siswa. Masih ditemukan beberapa sikap negatif antara lain cara berbicara kurang baik, kurang memperhatikan penjelasan guru, berpenampilan tidak sesuai peraturan, ada pula anak yang bersikap apatis. Hal ini juga terjadi pada siswa di MTs Pembangunan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan. Dengan adanya pembelajaran akidah akhlak yang maksimal diharapkan dapat membentuk siswa untuk memiliki sikap sosial yang positif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Pembangunan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan, selanjutnya untuk mengetahui sikap sosial siswa di MTs Pembangunan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan dan juga untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Sikap sosial siswa di MTs Pembangunan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan. Kerangka pemikiran dalam skripsi ini yang menjadi variabel independennya adalah Pembelajaran Akidah Akhlak (X) dan variabel dependennya Sikap Sosial Siswa (Y). Penelitian ini ingin membuktikan ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran akidah akhlak dengan sikap sosial siswa di MTs Pembangunan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan termasuk kedalam penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan rumus prosentase, korelasi product moment, mean, koefisien determinasi dan uji signifikansi. Kesimpulan hasil penelitian adalah: Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Pembangunan termasuk dalam kategori “Baik” dengan nilai 78,18%. Arti dalam kategori baik disini adalah mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Pembangunan yang diberikan oleh guru sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Sedangkan Sikap Sosial Siswa di MTs Pembangunan termasuk dalam kategori “Baik” dengan nilai 83,45%. Arti baik disini adalah sikap sosial siswa sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh guru dan menerapkan apa yang diajarkan pada mata pelajaran akidah akhlak. Terdapat pengaruh yang Positif dan Signifikan antara pembelajaran akidah akhlak terhadap sikap sosial siswa MTs Pembangunan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan. Adapun besaran pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap sikap sosial siswa di MTs Pembangunan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan sebesar 15,68% dan sisanya 84,32% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Akidah Akhlak, Sikap Sosial |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 04:45 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 04:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9077 |
Actions (login required)
View Item |