PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SULTAN AGUNG SUMBER CIREBON

Rina Sri Devi, (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SULTAN AGUNG SUMBER CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fakta kegiatan pembelajaran yang mencakup komponen-komponen pembelajaran seperti guru, materi, metode, media, dan juga evaluasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang sudah baik, namun terdapat fenomena yang ditemukan bahwa hasil belajar siswa di SMK Sultan Agung Sumber Cirebon masih banyak yang berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Oleh karena itu, hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Sultan Agung Sumber masih belum memenuhi harapan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan Agama Islam siswa kelas XI TKJ di SMK Sultan Agung Sumber Cirebon, untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI TKJ di SMK Sultan Agung Sumber Cirebon dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ di SMK Sultan Agung Sumber Cirebon. Pembelajaran pada hakekatnya suatu proses komunikasi transaksional yang bersifat timbal balik, baik antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa yang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Adapun komponen-komponen pembelajaran diantaranya yaitu guru, siswa, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan juga evaluasi. Hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai siswa dalam menempuh proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Komponen hasil belajar terdiri dari tiga komponen yaitu komponen kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya mencakup observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes dengan menggunakan rumus analisis prosentase. Kemudian untuk mempermudah analisis data guna mengetahui pengaruh variabel x terhadap variable y peneliti menggunakan rumus product moment. Dari hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kategori Baik dengan skor 82,5%, dan hasil belajar siswa dalam kategori Kurang Baik dengan skor sebesar 64%. Terdapat pengaruh yang positif antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa dan termasuk kedalam kategori lemah atau rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan koefisien korelasi dengan nilai 0,3364 yang berada pada rentang 0,20-0,40 dan koefisien determinasi yaitu dengan nilai prosentase sebesar 11,317 % dan sisanya 88,683% dipengaruhi oleh faktor lain. Setelah dihitung uji signifikansi diperoleh hasil 2,258 yang artinya pengaruh tersebut signifikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:50
Last Modified: 03 Jan 2023 02:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9116

Actions (login required)

View Item View Item