Roikhatun Abhariyah, (2022) KONSEP PENDIDIKAN PEREMPUAN BERBASIS ISLAM PEMIKIRAN RAHMAH EL YUNUSIYYAH (Studi Pemikiran Tokoh Gender). Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (274kB) | Preview |
Abstract
Rahmah El-Yunusiyyah adalah seorang innovator dalam Islam untuk perempuan di Minangkabau. Ketika usianya relative muda, sekitar 22 tahun, Rahmah telah mendirikan sebuah Lembaga Pendidikan Islam, khususnya untuk perempuan-perempuan Namanya adalah “Sekolah Puteri Diniyah” pada tahun 1923. Tujuan dari sekolah ini adalah untuk mendapatkan status dan martabat perempuan. Rahmah El-Yunusiyyah tidak pernah belajar disekolah manapun secara teratur, begitu pula di sekolah pemerintah. Sebagai inovator Pendidikan, Rahmah memiliki kemampuan untuk menciptakan dan mengkontruksikan sebuah keunikan model sekolahnya, beliau jadi modelnya sendiri dalam Pendidikan modern untuk perempuan di Minangkabau. Konsepnya telah disesuaikan dengan kebutuhan perempuan. Konsep Pendidikannya terdiri dari Pendidikan agama dan Pendidikan formal, pembinaan perempuan produktif, Pendidikan moral dan etika berdasarkan Islam secara eksplisit dan trdisi secara implisit. Pendidikan Perempuan, dalam pandangan Rahmah el-Yunusiyah, mempunyai peran penting dalam kehidupan. Perempuan adalah pendidik anak yang akan mengendalikanjalurkehidupan mereka selanjutnya. Atas dasar itu, untuk meningkatkan kualitas dan memperbaiki kedudukan perempuan diperlukan pendidikan khusus kaum perempuan yang diajarkan oleh kaum perempuan sendiri. Dalam hal ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan kaum perempuan, baik di bldang intelektual, kepribadian ataupun keterampilan. Ketika Ia mendirikan gedung perguruannya pada tahun 1927 dan mengalami kekurangan biaya penyelesaian gedung tersebut, ia Perempuan, dalam pandangan Rahmah el-Yunusiyah, mempunyai peran penting dalam kehidupan. Perempuan adalah pendidik anak yang akan mengendalikanjalurkehidupan mereka selanjutnya. Atas dasar itu, untuk meningkatkan kualitas dan memperbaiki kedudukan perempuan diperlukan pendidikan khusus kaum perempuan yang diajarkan oleh kaum perempuan sendiri. Dalam hal ini perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan kaum perempuan, baik di bldang intelektual, kepribadian ataupun keterampilan. Ketika Ia mendirikan gedung perguruannya pada tahun 1927 dan mengalami kekurangan biaya penyelesaian gedung tersebut, ia menolak bantuan yang diulurkan kepadanya dengan halus dan bijaksana. Ia ingin memperlihatkan kepada kaum laki-laki bahwa wanita yang selama ini dipandang lemah dan rendah derajatnya dapat berbuat sebagaimana laki-laki, bahkan bisa melebihinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan perempuan, Rahmah El Yunusiyyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 03:30 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 03:30 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9129 |
Actions (login required)
View Item |