Ika Dwijayanti, (2022) PENDIDIKAN ISLAM BAGI REMAJA PERSPEKTIF IBNU KHALDUN. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1 COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (904kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang masalah terkait pendidikan Islam bagi remaja yang mana masa remaja merupakan masa transisi di mana seorang individu mengalami peralihan dari satu tahap ke tahap berikutnya dan mengalami perubahan baik emosi, tubuh, minat, pola perilaku, dan juga penuh dengan masalah-masalah, sehingga perlu adanya penanaman nilai-nilai agama yang baik. Serta dilihat dari perspektif tokoh besar dunia Islam yaitu Ibnu Khaldun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam perspektif Ibnu Khaldun dan menjelaskan relevansinya dengan era digital. Berdasarakan kecermelangan pemikiran Ibnu Khaldun terhadap pendidikan yang tertuang di dalam buku fenomenalnya Muqaddimah, maka mendorong penulis untuk melakukan penelitian dan mendeskripsikan secara mendalam tentang bagaimana konsep pendidikan Islam dalam perspektif Ibnu Khaldun. Dalam memberikan pendidikan psikis pada remaja, pendidik atau orang tua harus menanamkan nilai-nilai keimanan pada remaja, terutama keimanan kepada Allah, karena iman berpengaruh terhadap kejiwaan remaja, kebutuhan jiwa akan terasa tentram, damai dan bahagia. Pendidikan psikis pada remaja harus dibarengi dengan pendidikan agama, karena pendidikan agama berkaitan erat dan memiliki peranan penting dengan pendidikan psikis. Untuk melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode library research, dimana literatur-literatur yang berkaitan dengan pemikiran pendidikan Islam Ibnu Khaldun serta buku-buku yang relevan dengan pemikiran Islam Ibnu Khaldun yang banyak dikemukakan para ahli menjadi objek penelitiannya. Sebagai sumber data utama dari objek penelitian ini tentunya adalah karyanya yang sangat fenomenal yakni Muqaddimah, dan beberapa buku penunjang yang berkaitan dengan pembahasan konsep pendidikan Islam yang ditawarkan Ibnu Khaldun. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan Islam bagi remaja memiliki peranan yang sangat penting untuk membimbing, mengendalikan dan mengontrol segala tingkah laku remaja. Sebab hanya Islamlah yang dapat mengendalikan dan mengarahkan manusia ke jalan yang baik. Pemikirian pendidikan Ibnu Khaldun yang disebutkan dalam karya besarnya berjudul Muqaddimah Ibn Khaldun, yang menjadi dasar pendidikan adalah Al-Qur’an dan Hadits. Pendidikan Islam bagi remaja perspektif Ibnu Khaldun dan relevansinya di era digital yaitu adanya kemudahan dalam proses pendidikan. Baik dari segi tujuan, kurikulum, metode, pendidik dan peserta didik, semua informasi tersebut dapat tercapai dengan mudah dengan adanya jaringan internet.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Islam, Remaja |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 01:25 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 01:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9152 |
Actions (login required)
View Item |