Siti Zulaikhah, (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (381kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon relatif baik. Hal ini terlihat dari kesiapan guru sebelum mengajar yaitu sudah menyiapkan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan, mempersiapkan metode dan media pembelajaran. Namun dalam proses pembelajaran masih banyak siswa yang minat belajarnya rendah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Beberapa Indikator terlihat dari masih ada siswa yang terlambat masuk kelas saat pembelajaran berlangsung, masih ada siswa yang berbicara dengan temannya ketika guru menjelaskan materi, masih ada siswa yang mengantuk dan siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Peneltian ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Al�Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon, minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon, dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon. Kompetensi pedagogik berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengelola peserta didik dalam pembelajaran mulai dari karakteristik siswa, prinsip pembelajaran, penilaian, pemanfaatan hasil penilaian dan melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Minat belajar merupakan perasaan suka peserta didik dan rasa ketertarikan pada suatu pelajaran, rasa suka dan ketertarikan itu muncul dengan tidak ada yang menyuruhnya. dan peserta didik yang memiliki minat terhadap suatu pelajaran maka ia akan aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung Penyusun menggunakan metode kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan korelasi product moment. hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadits diperoleh hasil 75% yang menunjukan cukup baik. Adapun Minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon diperoleh hasil 68% yang menunjukan cukup baik. Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Al�Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri 3 Cirebon menunjukan hubungan yang cukup signifikan, besaran pengaruhnya adalah sebesar 48% dan 52% lagi ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru, Minat Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 01:27 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 01:27 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9153 |
Actions (login required)
View Item |