PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI PlantNet SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH SISWA KELAS X DI SMAN 1 SURANENGGALA

Khoirul Ramdhan, (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI PlantNet SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH SISWA KELAS X DI SMAN 1 SURANENGGALA. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Berpikir ilmiah suatu proses berpikir atau mengembangkan pemikiran yang tersusun secara sistematis dan berdasarkan pengetahuan ilmiah yang ada, aplikasi PlantNet dapat digunakan untuk pembelajaran dengan memanfaatkan media sebagai alat penunjang pembelajaran di era modern. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan penerapan aplikasi PlantNet berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah pada kelas eksperimen, 2) Mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas eksperimen dan kontrol. 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan aplikasi PlantNet berbasis android dalam pembelajaran materi Plantae Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Suranenggala pada semester genap dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 4 (kelas eksperimen) berjumlah 30 orang dan kelas XI-MIPA 1 (kelas Kontrol) berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan data: LKS, tes (pretest dan posttest), dan angket Hasil penelitian menunjukkan 1) penerapan aplikasi PlantNet sebagai media pembelajaran meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah dengan persentase 76.25% yakni mendapatkan kategori baik. Pada aspek penyelidikan memperoleh nilai 80% dengan kategori baik, aspek analisis 80% dengan kategori baik, aspek inferensi 85% dengan kategori baik dan aspek argumentasi mendapatkan nilai 60% dengan kategori cukup. 2) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen (0,49) dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol (0,37) dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai Sig yang didapatkan 0.018 yakni 0.000 < 0.05 artinya Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 3) Respon siswa terhadap penerapan aplikasi PlantNet sebagai media pembelajaran secara umum menunjukan respon positif yakni dengan respon sangat setuju 42%, setuju 26%, respon tidak setuju mendapatkan nilai 18% dan respon sangat tidak setuju mendapatkan nilai 12%. Berdasarkan data yang diperoleh dari pembelajaran menggunakan aplikasi PlantNet mendapat respon yang setuju dari siswa dan menghasilkan respon yang positif dan adanya pengaruh terhadap kemampuan berpikir pada siswa, perlu adanya pengembangan dalam peneltian ini dengan mengembangkan teknik pengambilan data dan pengembangan terhadap aplikasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi PlantNet, Discovery Learning, Berpikir Ilmiah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:54
Last Modified: 10 Jan 2023 02:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9163

Actions (login required)

View Item View Item