Kolaborasi Peran Guru PAI dan Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Era Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon

Nur 'Afifah Yuliatnah, (2022) Kolaborasi Peran Guru PAI dan Orang Tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Era Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
CAVER DEPAN.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Pandemi covid 19 berdampak pada seluruh aspek kehidupan dan salah satu negara yang terdampak adalah Indonesia. Pandemi berdampak pada berbagai bidang salah satunya pada bidang pendidikan sehingga terlaksananya kegiatan proses pembelajaran dalam bentuk pembelajaran jarak jauh. Faktanya banyak permasalahan pada pendidikan ketika dilaksanakan pembelajaran jarak jauh sehingga berbagai peran harus saling bekerja sama untuk mengatasi berbagai permasalahan. oleh karena itu kolaborasi peran guru dan orang tua diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik dan melaksanakan komponen-komponen pembelajaran. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan mendeskripsikan dari: 1). Bentuk kolaborasi peran guru PAI dan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan kualitas pembelajaran era pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon 2). Kendala yang dihadapi guru PAI dan orang tua dalam pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan kualitas pembelajaran era pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon 3). Solusi guru PAI dan orang tua untuk mengatasi kendala Pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, menggunakan analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Bentuk kerja sama sekolah dan orang tua dapat dilakukan dalam berbagai bentuk yaitu parenting, komunikasi, volunteer, keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak di rumah, pengambilan keputusan, dan kolaborasi dengan masyarakat di SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon dan berdasarkan penelitian di lapangan telah dilakukan dengan baik. 2). Pembelajaran Pada saat pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Plered, Kabupaten Cirebon dan melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan berbagai komponennya yang meliputi tujuan, materi, metode, media dan evaluasi telah dijalankan dengan baik. 3). Faktor pendukung dalam Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran berupa tersedia sarana dan prasarana, Memiliki manajemen pengelolaan yang baik, Adanya semangat pada diri siswa, adanya komitmen dari kepala sekolah, guru, siswa, Adanya tanggung jawab sedangkan faktor penghambat seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai, dalam pengelolaan kurang terkoordinir, siswa kurang responsive dalam mengikuti kegiatan, kurangnya kerja sama yang baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Guru dan Orang Tua, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:13
Last Modified: 10 Jan 2023 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9172

Actions (login required)

View Item View Item