Khaerul Amanatin Nisa, (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI 4 CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini ditemukan fakta bahwa guru Penididikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Cirebon telah menjalankan Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dengan baik. Di sisi lain masih ditemukan banyak siswa dalam kemampuan baca tulis Al-Qur’an relative rendah. Karena, ketika siswa membaca Al-Qur’an masih salah dalam membacanya seperti hukum bacaan madnya, makhorijul hurufnya dan cara membacanyapun terputus-putus. Ketika,,ekstrakulikuler Baca Tulis Al-Qur’an dimulai pun terkadang ada siswa yang bolos dan tidak mengikuti ekstrakulikuler. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawwiyah Negeri 4 Cirebon, minat baca tulis Al-qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Cirebon, faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam meningkatkan minat baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawwiyah Negeri 4 Cirebon. Peran,,merupakan pola tingkah laku tertentu yang merupakan ciri-ciri sesama petugas dari pekerjaan atau jabatan tertentu. Proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi murid untuk mencapai tujuan. pendidik mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi dengan murid untuk..membantu proses perkembangan murid. Minat merupakan rasa lebih suka dan rasa ketertarian pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat dijadikan pangkal dari semua aktivitas kebutuhan manusia, kecenderungan minat itu dapat dipupuk dan ditumbuhkembangkan sesuai bakat dan minat dari seseorang. Penyusun menggunakan metode kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bertujuan untuk memahami kondisi suatu konteks dengan mengarahkan pada deksripsi secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi dalam suatu konteks yang dialami. Hasil penelitian menujukkan bahwa peran guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat baca tulis Al-qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Cirebon sudah terlaksana dengan baik dan bisa dikatakan cukup berhasil dalam meningkatkan minat baca tulis Al-qur’an. Hal ini terbukti bahwa sebagian siswa sudah mampu membaca Al-qur;an dengan baik dan benar, seperti dapat mengetahui huruf hijaiyah, mengetahui hukum bacaan tajwid, menguasai nada tilawah, qira’ati dan murotal, dan dapat mengamalkannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru Pendidikan Agama Islam, Minat Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 03:27 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 03:27 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9174 |
Actions (login required)
View Item |