Pengaruh Penerapan Metode Bandongan Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Safinatun Najah Santri Kelas 1 Dirosah Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon

Agus Zakaria, (2022) Pengaruh Penerapan Metode Bandongan Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Safinatun Najah Santri Kelas 1 Dirosah Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
A. Cover Skripsi Agus Zakaria.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI Agus Zakaria.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI Agus Zakaria.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI Agus Zakaria.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan diterapkannya metode pembelajaran di Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon yaitu menggunakan metode bandongan. Meskipun sudah diterapkan metode bandongan dalam pembelajaran kitab Safinatun Najah dengan baik dan jelas oleh ustazahnya ketika mengajar, akan tetapi kemampuan Santri di kelas satu dirosah dalam membaca Kitab Safinatun Najah masih sangat kurang dalam artian masih bingung dan belum sempurna sesuai kaidah nahwu dan shorof. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan metode bandongan, kemampuan santri kelas 1 dirosah dalam membaca Kitab Safinatun Najah, faktor kelebihan dan kekurangan penerapan metode bandongan di kelas 1 dirosah Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon. Metode bandongan adalah metode yang dilakukan oleh seorang kyai atau ustadz terhadap sekolompok santri untuk mendengarkan atau menyimak apa yang dibacakan oleh kyai dari sebuah kitab. Membaca merupakan kegiatan pikiran yang dilakukan dengan penuh perhatian untuk memahami suatu informasi melalui indra penglihatan dalam bentuk simbol-simbol yang rumit, yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai arti dan makna. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan metode bandongan terhadap kemampuan membaca Kitab Safinatun Najah Santri Kelas 1 Dirosah Pondok Pesantren An-Nidhom Kota Cirebon, ada sekitar 30% santri sudah baik dan benar dalam membacanya, dikatakan membacanya baik dan benar disini yaitu maksudnya dalam hal membaca sesuai dengan kaidah nahwu dan shorof. Dan dilihat dari penilaian kemampuan Membaca Kitab Safinatun Najah dikelas satu Dirosah Pondok Pesantren An�Nidhom Kota Cirebon terdapat 12 santri dari 84 jumlah keseluruhan santri yang ada dikelas satu dirosah yang sudah dapat memiliki kemampuan membaca kitab Safinatun Najah dengan sangat baik, 68 santri dalam kemampuan membaca kitab safinatun najah dengan baik dan 4 santri lainnya masih dalam proses perkembangan menuju baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode Bandongan, Kemampuan Membaca Kitab Safinatun Najah
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 Jan 2023 00:49
Last Modified: 11 Jan 2023 00:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9197

Actions (login required)

View Item View Item