PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAIBP) DI SMPN 2 PLERED KABUPATEN CIREBON

Carintan, (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAIBP) DI SMPN 2 PLERED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
cover Carintan.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan minimnya referensi guru dalam memvariasikan media pembelajaran. Salah satunya adalah yang penulis temukan di SMPN 2 Plered. Guru PAIBP hanya menggunakan video yang ada di HP, dikarenakan kurangnya infokus yang ada di sekolah tersebut selain itu tidak semua kelas ada kabel proyektornya, sehingga kondisi tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hasil belajar harian siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas IX di SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon sebelum menggunakan media audio visual, Untuk mengetahui hasil belajar harian siswa kelas IX pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon setelah menggunakan media audio visual, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon. Media audio visual adalah alat bantu yang menyajikan isi pembelajaran secara lengkap yang dapat dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman.Hasil belajar adalah keberhasilan perubahan tingkah laku siswa setelah melakukan proses belajar, sesuai dengan tujuan belajar yang di inginkan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tekhnik analisisnya menggunakan ukuran pemusatan data statistika yang dibedakan atas tiga cara yaitu: mean, modus, median. Kemudian penentuan koefisien korelasi dengan menggunaka metode analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual rata-rata (mean) 69,37, Nilai modus (frekuensi terbanyak) 56,5 dan Nilai median 67,91. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual yaitu nilai rata-rata 84,21. Nilai modus (frekuensi terbanyak) 82,5dan Nilai median 84. Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran PAIBP di SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon adalah Thitung>Ttabel (9,717>1,701) ini berarti Ha ditolak yang artinya signifikan. Dengan demikian pengaruh antara media audio visual (Variabel X) terhadap hasil belajar (Variabel Y) Kelas IX A di SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon adalah signifikan (memiliki pengaruh). Berdasarkan hasil perhitungan statistik tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kelas IX di SMPN 2 Plered Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media, Hasil, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 Jan 2023 00:54
Last Modified: 11 Jan 2023 00:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9198

Actions (login required)

View Item View Item