Implementasi Teknik Mozaik dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Lentera Ilmu Kota Cirebon

Indah Amalia, (2022) Implementasi Teknik Mozaik dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Lentera Ilmu Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk menciptakan gagasan yang baru, imajinatif dan kemampuan menghadapi gagasan yang baru maupun gagasan yang ada. Kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas dapat dilakukan dengan berbagai macam, seperti teknik mozaik. Mozaik merupakan gambar atau hiasan atau pola tertentu yang dibuat dengan cara menempelkan bahan atau unsur kecil yang sejenis (baik bahan, bentuk maupun ukurannya) yang disusun secara berdempetan pada sebuah bidang. Berdasarkan hasil observasi bahwa kreativitas anak di PAUD Lentera Ilmu belum berkembang secara optimal, hal ini terlihat ketika anak mewarnai belum percaya diri sehingga anak belum berani dalam mencoba hal-hal baru. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui implementasi teknik mozaik dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Lentera Ilmu Kota Cirebon. (2) Untuk mengetahui kreativitas anak usia 5-6 tahun setelah mengimplementasikan teknik mozaik di PAUD Lentera Ilmu Kota Cirebon. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi teknik mozaik dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Lentera Ilmu Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek kepala sekolah, guru dan lima anak orang anak di PAUD Lentera Ilmu. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwasannya dalam mengimplementasikan teknik mozaik berawal dari perencanaan yang meliputi program tahunan, program semester, rencana pembelajaran mingguan dan harian. Teknik mozaik ini menggunakan kurikulum 2013 dengan metode saintifik. Dalam pelaksanaan teknik mozaik ini dilakukan selama empat kali pertemuan, dengan tema dan media yang berbeda-beda. Media yang digunakan yaitu kertas warna, plastik, daun kering dan cangkang telur. Penilaian yang digunakan di PAUD Lentera Ilmu menggunakan hasil capaian perkembangan anak, deskripsi dan bintang. Kreativitas anak usia 5-6 tahun setelah mengimplementasikan teknik mozaik di PAUD Lentera Ilmu Kota Cirebon dengan indikator keterampilan dalam berpikir dan menuangkan imajinasi terdapat hasil capaian perkembangan yang baik yaitu berkembang sesuai harapan. Hal ini, bahwasannya teknik mozaik dapat diimplemnetasikan dalam mengembangkan kreativitas anak. Adapun faktor pendukung dari implementasi teknik mozaik yaitu adanya antusias orangtua dan anak-anak, serta bahan-bahan yang mudah didapat. Sedangkan faktor penghambat dalam mengimplementasikan teknik mozaik yaitu kurangnya APE dalam mengembangkan kreativitas, membutuhkan waktu yang lama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Teknik Mozaik, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:27
Last Modified: 12 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9233

Actions (login required)

View Item View Item