Peran Orang Tua dalam Menanamkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di Ere Pandemi di Kelurahan Kesenden Kota Cirebon

Icha Faticha, (2022) Peran Orang Tua dalam Menanamkan Kemandirian Belajar Anak Usia Dini di Ere Pandemi di Kelurahan Kesenden Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PIAUD IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya pandemi covid-19 mengakibatkan berbagai sector kehidupan berubah tak terkecuali sector pendidikan. Pandemi covid-19 telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut daring. Pada kasus ini permasalahannya anak yang kurang termotivasi belajar sehingga orang tua yang mengerjakan tugasnya, ketidak siapan dari segi waktu, media, jaringan internet dan kuota. pada situasi ini peran orang tua menjadi sangat penting dan orang tua adalah garda terdepan yang mengawal anak-anaknya tetap belajar di rumah, sehingga peran orang tua dalam menanamkan kemandirian belajar berada diurutan pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menanamkan kemandirian belajar anak usia dini, faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar anak usia dini di era pandemi, dan aktivitas kemandirian belajar anak usia dini di era pandemi di kelurahan kesenden kota cirebon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kemandirian belajar anak usia 4-6 tahun berjumlah 5 anak dan 5 orang tua. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam menanamkan kemandirian belajar anak usia dini di era pandemi di kelurahan kesenden Kota Cirebon, selama berlangsungnya kebijakan belajar di rumah dengan bimbingan orang tua yaitu pada peran orang tua memenuhi kebutuhan dasar, mengenalkan akidah-akidah agama, pendidikan yang mengajarkan kepada anak, perlindungan yang diberikan orang tua untuk menjaga anak dari virus, sosialisasi dalam kegiatan belajar dirumah, kasih sayang yang diberikan orang orang tua, memberikan nafkah dan rekreatif. Adapun faktor yang mendukung kemandirian belajar anak usia dini di era pandemi diantaranya pembiasaan orang tua terhadap anak ketika belajar di rumah,pola asuh yang diberikan oleh orang tua, pendidikan yang mengajarkan keteladan kepada anak, lingkungan yang baik akses internet, kerjasama guru dan orang tua, dan adanya keluarga lain. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sifat anak yang kurang percaya diri, emosi anak yang naik turun, komunikasih yang tidak sehat mengakibatkan kurangnya motivasi belajar anak, lingkungan disekitar rumah (teman sebaya) akses internet, fasilitas handpon, tingkat pendidikan orang tua dan banyaknya pekerjaan orang tua. Adapun aktifitas kemandirian belajar anak usia dini di era pandemi dapat dilihat dari kegiatan belajar anak, langkah mengatasi covid 19, dan dampak covid 19 pada pendidikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: peran orang tua, kemandirian belajar, anak usia dini, pandemi covid 19
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:53
Last Modified: 12 Jan 2023 01:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9236

Actions (login required)

View Item View Item