Aji Purnomo, (2021) PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS RENDAH DI MI DARUL HIKMAH KOTA CIREBON PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Awalan.pdf Download (888kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena Covid-19 yang melanda Indonesia, merubah sistem pendidikan yang sebelumnya tatap muka menjadi serba Daring dalam pembelajaran. Dari beberapa penelitian sebelumnya mengenai pelaksanaan kurikulum 2013, selalu terdapat masalah di ranah penilaian. Satu kegiatan peserta didik harus dinilai dengan rinci dan ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19 sehingga proses pembelajaran dilakukan tanpa tatap muka. Di masa pandemi Covid-19 ini, Guru di Satuan Pendidikan dituntut untuk tetap melakukan proses pembelajaran dan penilaian. Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi dan didalamnya ada khas tersendiri mengenai hal penilaiannya, yakni penilaian autentik. Penilaian autentik adalah penilaian yang bukan hanya menilai peserta didik pada hasil akhir, tetapi dalam proses pembelajaran dari awal hingga akhir pembelajaran, peserta didik dinilai secara langsung. Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat dasar didasarkan pada empat aspek keterampilan berbahasa yaitu: mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas rendah di MI Darul Hukmah pada masa pandemi Covid-19? (2) Bagaimana penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas rendah di Darul Hikmah pada masa pandemi Covid-19? (3) Apa kendala yang dihadapi guru saat menerapkan penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indoensia kelas rendah di MI Darul Hikmah pada masa pandemi Covid-19? Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain peneltian fenomenologi. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan penulis ada tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) guru membuat RPP 1 lembar model pembelajaran jarak jauh, dan dalam pelaksanaan pembelajarannya guru lebih sering menggunakan aplikasi WhatsApp; (2) guru menilai ranah sikap melalui tanggung jawab peserta didik dalam mengerjakan tugas dan kedisipinan, pada ranah pengetahuan guru menilainya dari kesesuaian jawaban dengan pertanyaan, dan untuk ranah keterampilan, guru menilainya dari tugas-tugas praktik; (3) guru meragukan hasil belajar peserta didik, karena pembelajaran yang tidak tatap muka sehingga guru tidak dapat memantau langsung.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Autentik, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pandemi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 02:23 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 02:24 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9243 |
Actions (login required)
View Item |