Siti Jamilah, (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CORONG HITUNG TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II MIN 5 KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (700kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang diketahui dari studi pendahuluan yang mana terdapat permasalahan mengenai minat belajar siswa dalam belajarnya, seperti kurang semangat dalam pembelajaran. Penelitian ini mengangkat tentang media corong hitung dalam Pembelajaran matematika terhadap Minat Belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media corong hitung terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 2 MIN 5 kabupaten cirebon. Media corong hitung merupakan media dalam bentuk balok yang digunakan untuk mengoprasikan oprasi hitung dalam matematika. Media Corong hitung merupakan media pembelajaran tiga dimensi yang terbuat dari botol plastik dan kardus yang dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran matematika bagi guru untuk memudahkan menyampaikan pembelajaran kepada siswa dalam memecahkan masalah persoalan matematika tentang oprasi hitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan one group pretest postets desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di MIN 5 Kabupaten Cirebon. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sebanyak 14 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pembelajaran mengunakan media corong hitung sementara variabel terikatnya yaitu minat belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil angket minat siswa di kelas II MIN 5 Kabupaten cirebon sebelum menggunakan media corong mendapatkan nilai baik yaitu 78%.sedangkan hasil angket minat belajar setelah memenggunakan media corong berhitung mendapat nilai lebih besar, yaitu sebesar 95%. Hasil analisis dilihat bahwa Media Corong Hitung memiliki pengaruh positif terhadap Minat belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,003 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 3.738> 1.782. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian Terdapat Pengaruh penggunaan Media Corong Hitung Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa di Kelas II MIN 5 kabupaten Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan media corong hitung, minat belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 01:05 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 01:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9252 |
Actions (login required)
View Item |