Pengaruh Pembelajaran Daring menggunakan Media Microsoft Teams selama Pandemi Covid-19 terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas III SDIT Al-Husnayain Bekasi

Safira Muslimah Qothrunnada, (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring menggunakan Media Microsoft Teams selama Pandemi Covid-19 terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas III SDIT Al-Husnayain Bekasi. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran matematika, pengetahuan mengenai operasi hitung merupakan pemahaman konsep matematika pada anak yang paling dasar. Namun dapat diperhatikan bahwa keterampilan berhitung siswa masih lambat sehingga dalam mengerjakan soal siswa masih ragu-ragu. Hal ini ditandai dengan masih banyaknya anak yang sulit untuk menyelesaikan operasi hitung seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang diberikan oleh guru. Selain itu, dikarenakan pandemi covid-19 yang membuat pembelajaran dilakukan secara daring sehingga siswa semakin merasa kurang dalam memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru karena terbatas oleh fasilitas, waktu, dan lain�lain. Kesulitan tersebut menuntut kreativitas guru untuk mengembangkan pembelajaran agar menjadi mudah dan menarik, baik dalam hal metode maupun media yang akan digunakan. Untuk itu, digunakan media microsoft teams dalam proses pembelajaran matematika di kelas III SDIT Al-Husnayain Bekasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengetahui penggunaan media microsoft teams dalam keterampilan berhitung siswa kelas III SDIT Al-Husnayain Bekasi. 2) Mengetahui keterampilan berhitung siswa kelas III SDIT Al-Husnayain Bekasi 3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh media microsoft teams terhadap keterampilan berhitung siswa kelas III SDIT Al-Husnayain Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain ex post facto, yang dikarenakan rangkaian variabel bebas yang kejadiannya sudah terjadi sebelum penelitian dilakukan. Penelitian ini menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan angket secara keseluruhan, diperoleh skor sebanyak 81% yang tergolong kedalam kategori sangat baik atau sangat layak. Maka hasil ini menerangkan bahwa siswa merespon dengan baik dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika menggunakan media microsoft teams. Pada pengolahan tes secara keseluruhan, diperoleh nilai rata-rata sebesar 70. Maka dapat dikatakan bahwa tingkat keterampilan berhitung siswa termasuk kedalam kategori sedang. Pengaruh variabel bebas (media microsoft teams) terhadap variabel terikat (keterampilan berhitung) adalah sebesar 13,1% sedangkan sisanya yaitu 86,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,03 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring menggunakan media microsoft teams selama pandemi covid-19 terhadap keterampilan berhitung siswa kelas III SDIT Al-Husnayain Bekasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Microsoft Teams, Pembelajaran Daring, Keterampilan Berhitung
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:25
Last Modified: 13 Jan 2023 01:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9256

Actions (login required)

View Item View Item