IMPLEMENTASI KEGIATAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM PEMBINAAN SIKAP RELIGIUS SISWA DI MI NURUL HUDA JAPURA LOR KAB. CIREBON

Fitriyatul Maulah, (2022) IMPLEMENTASI KEGIATAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM PEMBINAAN SIKAP RELIGIUS SISWA DI MI NURUL HUDA JAPURA LOR KAB. CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Tahfidz Al-Qur’an merupakan kegiatan menghafal al-Qur’an dalam proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah Saw di luar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan. Kegiatan tahfidz al-Qur’an di madrasah bagi siswa sangat penting bagi pembinaan akhlak religius peserta didik dan pembentukan karakternya serta menjadi landasan agama dalam hal melakukan suatu perbuatan yang baik hal ini masih ada siswa yang melalaikan ibadah solat, perkataan yang kurang baik dan kurangnya kedisiplinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui implementasi kegiatan tahfidz Al-Qur’an dalam pembinaan sikap religius siswa di MI Nurul Huda Japura Lor kab. Cirebon, 2) Mengetahui proses pelaksanaan kegiatan tahfidz al-Qur’an dalam pembinaan sikap religius siswa di MI Nurul Huda Japura Lor kab. Cirebon, 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat implemantasi kegiatan tahfidz al-Qur’an dalam pembinaan sikap religius siswa di MI Nurul Huda Japura Lor kab. Cirebon. Kegiatan tahfidz merupakan kegiatan anak menghafal al-Qur’an baik dengan cara membaca atau mendengarkan secara berulang-ulang sampai anak hafal setiap ayat tanpa melihat al-Qur’an. Religius adalah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk lain, dalam arti kata yang lain kepercayaan. Metode penelitian ini dilakukan di MI Nurul Huda Japura Lor kab. Cirebon dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi kegiatan tahfidz Al-Qur’an dalam pembinaan sikap religius siswa di MI Nurul Huda japura Lor kab. Cirebon sudah di implementasikan dengan baik melalui pembiasaan dan juga arahan. Guru tahfidz memberikan contoh kepada siswa menegenai perilaku atau sikap religius siswa bisa menumbuhkan sikap yang berani menerimah tantangan, kemudian sikap disiplin yang mentaati aturannya di bentuk dari setiap kegiatan tahfidz Al-Qur’an,2) Pembinaan sikap religius siswa di MI Nurul Huda japura Lor kab. Cirebon oleh guru pelaksanaan kegiataan ini siswa mengikuti kegiatan tahfidz Al-Qur’an untuk murojaah, menghafal dan menyetor hafalan pelaksanaan kegiatan tahfidz ini dapat membentuk sikap religius siswa lebih baik, 3) Faktor pendukung dalam implementasi kegiatan tahfidz Al-Qur’an, Suasana ruangan kondusi, Adanya sarana prasarana yang memadai, tenaga pendidik dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu, faktor lingkungan yang dan tingkat kecerdasan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kegiatan tahfidz Al-Qur’an, Pembinaan, Sikap Religius
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:29
Last Modified: 13 Jan 2023 01:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9257

Actions (login required)

View Item View Item