INTERNALISASI SIKAP DISIPLIN DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS 5 DI MI ALHIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON

Rifatul Hasanah, (2022) INTERNALISASI SIKAP DISIPLIN DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS 5 DI MI ALHIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Internalisasi Sikap Disiplin dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas 5 di MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Fokus masalah yang dikaji adalah bagaimana sikap disiplin dikelas 5, tahapan internalisasi sikap disiplin siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas 5 di MI Al – Hidayah GUPPI Kota Cirebon., apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat mata pelajaran akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas 5 di MI Al – Hidayah GUPPI Kota Cirebon, apa saja hasil dari internalisasi mata pejaran akidah akhlak dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas 5 di MI Al – Hidayah GUPPI Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, peneyelesaian. Subjek penelitian adalah sikap disiplin siswa. Teknik pengumpulan daat menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen utama yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian diketahu bahwa Internalisasi sikap disiplin dalam mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas 5 di MI Al- Hidayah GUPPI Kota Cirebon sudah dterapkan dan berjalan dengan baik pelajran akidah akhlak dilaksnakan sekali dalam satu minggu dihari sabtu pada jam setelah istirahat, yang disampaikan oleh guru akidah akhlak dan wali kelas. Tahapan Internalisasi yaitu Transaksi nilai – nilai akidah akhla dan transinternalisasi nilai. Metode yang digunakan dalam pemasukan nilai atau internalisasi dari mata pelajaran akidah akhlak yaitu metode ceramah, tanya jawan dan diskusi. Hasil Internalisasi sikap disiplin dalam mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas 5 di MI Al- Hidayah GUPPI Kota Cirebon yaitu menyadarkan siswa akan pentingnya sikap disiplin siswa mengetahui tentang kedisiplinan lebih dalam, tata laksana sekolah berjalan dengan baik serta Meningkat nya sikap disiplin siswa. Faktor pendukung dan penghambat Internalisasi sikap disiplin dalam mata pelajaran akidah akahlak. Faktor pendukung nya yaitu tingkat kesadaran siswa untuk disiplin lumayan tinggi, serta adanya kontrak belajar yang disepakati oleh siswa dan guru yang mengandung peraturan dan konsikuensinya ketika melakukan tindakan yang tidak disiplin serta guru yang ramah serta selalu memberikan nasehat kepada siswa sehingga siswa merasa senang dalam kegiatan belajar maka dalam hal ini tujuanpembelajaran mudah diterima oleh siwa. Faktor penghambat nya yaitu dari kalangan keluarga yang orang tuanya sangat sibuk sehingga anak kurang diperhatiakn dibimbing untuk mengingatkan tugas dan tanggung jawabnya, serta penjelasan yang diberikan guru dominan menggunakan metode ceramah sehingga membuat peserta didik merasa jenuh.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Akidah akhlak, Sikap disiplin
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:38
Last Modified: 13 Jan 2023 01:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9259

Actions (login required)

View Item View Item