UPAYA GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS 3 DI MI HIDAYATUS SHIBYAN KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON

Siti Fatmawati, (2022) UPAYA GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS 3 DI MI HIDAYATUS SHIBYAN KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Other
AWALAN DLL.PDF

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Pembentukan karakter juga menjadi fungsi utama dari pendidikan nasional. Hal ini telah tercantum dalam Undang-Undang No.23 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan nasional pada Bab 2 Pasal 3, yang menyebutkan bahwa: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk membentuk karakter siswa, agar setiap siswa memiliki karakter yang baik. Upaya guru dalam membentuk karakter selain melalui pembelajaran dikelas, alangkah lebih sempurna jika ditunjang dengan membentuk karakter melalui pembiasaan penggunaan berbahasa Indonesia. Pembiasaan berbahasa Indonesia siswa nantinya secara langsung maupun tidak langsung akan terbentuk karakter sopan santun. Karakter yang ditanamkan kepada siswa melalui penaman berbahasa Indonesia di dalam penelitian ini yaitu karakter sopan santun, karena menggunakan Bahasa Indonesia yang baik membuat ciri khas warga negara yang menghargai akan Bahasa kebangsaannya dan sendiri dapat pula menjaga akan kebahasaan Indonesia. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan upaya guru kelas dalam membentuk karakter sopan santun berbahasa indonesia siswa kelas 3 di MI Hidayatus Shibyan, Untuk mendeskripsikan karakter sopan santun siswa berbahasa indonesia kelas 3 di MI Hidayatus Shibyan, Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru kelas dalam membentuk karakter sopan santun berbahasa indonesia siswa kelas 3 di MI Hidayatus Shibyan. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, pengambilan data yang diperoleh melalui angket (kuesioner), obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif berupa deksriptif melalui reduksi data, penyajian data dan penyimpulan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas menggunakan uji-t dapat di simpulkan bahwa hasil dari sopan santun berbahasa di MI Hidayatus Shibyan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon baik dengan persentase 81,48% yang berada pada rentang 75-100% sehingga dapat penulis deskripsikan bahwa sebagian besar peserta didik kelas 3 MI Hidayatus Shibyan memiliki sopan santun berbahasa Indonesia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Karakter, Sopan Santun, Berbahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:42
Last Modified: 13 Jan 2023 01:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9260

Actions (login required)

View Item View Item