Pengaruh Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Pada Siswa Kelas 1 MI Salafiyatul Huda 1

Ayu Astuti, (2022) Pengaruh Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Pada Siswa Kelas 1 MI Salafiyatul Huda 1. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar siswa kelas 1 memiliki minat baca yang sangat rendah. Minat baca yang sangat rendah ini biasa ditandai dengan kurangnya motivasi dari orang tua dan diri sendiri untuk semangat membaca, sikap pemalas yang tinggi yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, misalnya gadged, Pengaruh social media , banyaknya hiburan (TV dan youtube), pengaruh pergaulan di rumah yang kurang positif, kurangnya sikap keseriusan membaca, kurangnya tingkat kefokusan membaca, kurangnya perhatian pada saat membaca. Kemampuan menulis merupakan kemampuan seseorang yang menghasilkan sebuah tulisan yang diperoleh dari hasil belajar, kegiatan membaca, dan latihan terus menurus. Dengan kemampuan menulis, seseorang bisa menyampaikan ilmu pengetahuan dan informasi kepada orang lain melalui media tulis, serta bisa mengembangkan kreativitas berupa karya tulis ilmiah, buku pengetahuan, buku cerita, majalah, novel dan karya lainnya. Dan kemampuan menulis juga bisa mengetahui bagaimana cara menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk memperoleh data perihal minat baca siswa kelas 1 di MI Salafiyatul Huda 1, (2) Untuk memperoleh data perihal kemampuan menulis kalimat pada siswa kelas 1 di MI Salafiyatul Huda 1, (3) Untuk memperoleh data perihal seberapa besar pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis kalimat siswa kelas 1 di MI Salafiyatul Huda 1. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. populasi penelitian ini sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 18 orang siswa perempuan dan 12 siswa laki�laki. Pengambil sampel menggunakan sampel jenuh. Variabel yang dikaji adalah minat membaca dan kmampuan menulis kalimat. Desaian penelitian ini menggunakan ex-post facto. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes tertulis angket digunakan untuk mengetahui minat baca siswa, sedangkan tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis kalimat pada siswa kelas 1 MI Salafiyatul Huda 1. Uji valitas menggunakan rumus pearson correlation, sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus Alpha. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa, (1) minat baca siswa berkategorikan kurang, yaitu sebesar 38%, (2) kemampuan menulis kalimat siswa berkategorikan kurang, yaitu sebesar 59,4, dan (3) ada pengaruh yang signifikan antara minat membaca dan kemampuan menulis kalimat pada siswa kelas 1 MI Salafiyatul Huda 1 Jl. Buyut No 49 Pegambiran Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung> t tabel (2,255>0,361). Dengan demikian, dapat diartikan bahwa semakin rendah minat membaca, maka akan semakin rendah juga kemampuan menulis kalimat pada siswa, dan sebaliknya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Kemampuan menulis kalimat siswa SD
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:20
Last Modified: 16 Jan 2023 01:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9270

Actions (login required)

View Item View Item