Pengaruh Penerapan Media Manik-Manik Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II MI Islamic Centre Indramayu Tahun Ajaran 2020/2021

Uun Khoirun Nisa, (2022) Pengaruh Penerapan Media Manik-Manik Terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II MI Islamic Centre Indramayu Tahun Ajaran 2020/2021. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh permasalahan masih adanya siswa kelas II yang belum berhasil dalam proses pembelajaran Matematika di Sekolah. Kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan media manik-manik terhadap peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas II MI Islamic Centre Indramayu tahun ajaran 2020/2021. (2) mendeskripsikan kmampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas II MI Islamic Centre Indramayu tahun ajaran 2020/2021. (3) mendeskripsikan pengaruh media manik-manik terhadap kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas II MI Islamic Centre Indramayu tahun ajaran 2020/2021. Kemampuan berhitung adalah kemampuan yang dimiliki setiap orang dalam mengoperasikan atau mengolah angka seperti kali, bagi, tambah dan kurang atau bisa disingkat KaBaTaKu. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desai penelitian One Group Pretest-Posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas II MI Islamic Centre Indramayu yang berjumlah 24 siswa. Data penelitian ini diolah dengan menggunakanuji validitas, uji normalitas, uji determinasi, uji regresi sederhana, uji homogenitas, uji N-gain, uji t dan uji hipotesis. Hasil observasi penggunaan media manik-manik yaitu 77,6% memiliki hasil yang baik. Dari skor maksimal kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa diperoleh rata-rata sebesar 80,04 menunjukkan bahwa kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antar penggunaan media manik-manik dengan kemapuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sebesar 27,6%, dengan nilai sig 0.000 < Probabilitas 0.05. kemudian diketahui t hitung - 11.672 > t tabel 2,064 maka dapat disimpulkan Hₐ di terima dan Hₒ di tolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media manik-manik dengan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Manik-Manik, Kemampuan Berhitung
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:27
Last Modified: 16 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9271

Actions (login required)

View Item View Item