Yunita Lestari, (2022) PENGARUH MEDIA LAGU TERHADAP VOCABULARY SKILLS BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV MI SALAFIYATUL HUDA 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
awalan dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal kosakata bahasa Inggris. Terlebih dalam pembelajarannya selama tiga semester sebelumnya, mata pelajaran bahasa Inggris dilakukan secara daring karena imbas dari pandemi. Selama pembelajaran daring, siswa hanya diberikan tugas latihan soal. Hal ini menyebabkan rendahnya perbendaharaan vocabulary bahasa Inggris siswa. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan pengirim kepada penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat peserta didik untuk belajar (Tafonao, 2018).Lagu termasuk kedalam media audio karena lagu sangat berkaitan erat dengan indera pendengaran. Dengan mendengar, peserta didik akan dengan sendirinya menirukan kata-kata dalam lirik lagu dan hal tersebut terjadi berulang�ulang sehingga mereka memahami lagu tersebut. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan dan respons siswa terhadap media lagu dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon, (2) vocabulary skills bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon dan (3) pengaruh media lagu terhadap vocabulary skill bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental dengan One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media lagu meperoleh nilai prosentase sebesar 89% dengan predikat sangat baik. Adapun hasil prosentase angket yakni sebesar 79%. Hal ini menunjukkan bahwa media lagu mendapatkan respon yang baik dari siswa, baik dari segi minat siswa, motivasi belajar siswa dan motorik siswa.Selain itu, hasil uji hipotesis dengan uji t dua pihak pada signifikansi = 0,05 diperoleh nilai thitung = 8,884, nilai ttabel = 2,093 dan Sig. (0,000) < (0,05) sehingga thitung berada pada daerah penolakan H0. Adapun pengaruhnya berdasarkan N-Gain score adalah sebesar 0,6 dengan kartegori sedang dan efektivitasnya sebesar 57% dengan kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media lagu terhadap vocabulary skills bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media lagu, Vocabulary Skills |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 01:34 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 01:34 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9273 |
Actions (login required)
View Item |