Angki Fadlah, (2022) Pengaruh Metode Cooperative Script Terhadap Kemampuan Analisis (C4) Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Di SDN Lemahabang 01 Kab. Brebes. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang ada di lapangan mengenai kurang menariknya metode pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran IPA dan kurangnya kemampuan menganalisis siswa dalam materi pembelajaran IPA yang telah mereka dapat didalam kelas. Cooperative Script merupakan metode belajar dimana siswa bekerja secara berpasangan dan bergantian secara lisan dalam menyimpulkan bagian materi yang dipelajari. Adapun kelebihan dari model pembelajaran cooperative script menurut Miftahul (2011) adalah 1) Melatih pendengaran, ketelitian/kecermatan. 2) Setiap siswa mendapatkan peran. 3) Melatih mengungkapkan kesalahan orang lain dengan lisan. Penelitian ini bertujuan, 1) Untuk mengetahui penerapan metode cooperative script dalam pembelajaran IPA di kelas IV A SDN Lemahabang 01. 2) Untuk mengetahui kemampuan analisis (C4) siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV A SDN Lemahabang 01. 3) Untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap kemampuan analisis (C4) siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV A SDN Lemahabang 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian menggunakan metode penelitian pre-experimental design dengan one group pre�test post-test design. Teknik pengumpuln data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A yang berjumlah 39 siswa. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) serta uji hipetesis dengan uji t menggunakan aplikasi SPPS,V.25. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan guru yaitu 100% memiliki hasil yang sangat baik. Hasil tes kemampuan analisis (C4) siswa pada soal uraian HOTS memperoleh hasil 100% sangat baik. Uji Paired Sampel T-test ini dilakukan karena data berdasarkan uji t dengan uji Paired Sampel T-test di peroleh nilai signifikasi 0,000. Karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (-26.953), t hitung bernilai negative ini disebabkan karena nilai rata-rata hasil pretest lebih rendah daripada rata-rata hasil posttes. Dalam konteks kasus seperti ini maka nilai t hitung negatif dapat bermakna positif. Sehingga nilai t hitung menjadi 26,953. Karena t hitung lebih besar daripada t tabel (1,68). Karena uji Paired Sampel T-test di peroleh nila sig (2-tailed) 0,000 < 0.005. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima karena dengan kriteria pengujian, jika nilai signifikansi atau sig > 0.05 maka artinya Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh metode Cooperative Script terhadap kemampuan analisis (C4) siswa kelas IV A di SD Negeri Lemahabang 01.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Cooperative Script, Kemampuan Analisis (C4) Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 01:43 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 01:43 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9276 |
Actions (login required)
View Item |