HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI MI PGM KOTA CIREBON

Sabilla Dheani, (2022) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI MI PGM KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan pada saat kegiatan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) di kelas 2, yang diambil dari 3 aspek dimensi self efficacy yaitu level/magnitude dan streght, Ketika guru memberikan contoh pada mata pelajaran matematika menggunakan contoh dengan tingkat mudah tetapi ketika guru memberikan tugas atau ulangan kepada para siswa menggunakan tingkat kesulitan. Dalam aspek generality beberapa siswa merasa enggan jika sang guru bertanya dan menjawab pertanyaan yang telah diajukan untuk maju ke depan kelas dikarenakan takut salah terkecuali mereka ditunjuk langsung oleh sang guru. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui Self Efficacy pada siswa kelas II MI PGM Kota Cirebon, mengetahui prestasi belajar siswa kelas II di MI PGM Kota Cirebon dan mengetahui seberapa besar hubungan self efficacy dengan prestasi belajar siswa kelas II MI PGM Kota Cirebon. Mendeskripsikan hasil penelitian self efficacy dengan prestasi belajar siswa kelas II MI PGM Kota Cirebon. Self Efficacy adalah keyakinan seseorang mengenai kemampuan-kemampuan dalam mengatasi beranekaragam situasi yang muncul dalam hidupnya. Untuk menciptakan sumber daya manusia serta karya yang berkualitas dan unggul, salah satu yang dibutuhkan oleh seorang siswa salah satunya adalah self efficacy. Self efficacy memiliki andil yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, seseorang akan berupaya memanfaatkan potensi dirinya secara optimal apabila self efficacy – nya mendukung. Metode penelitian ini menggunakan metode korelasional. Desain penelitian menggunakan penelitian korelasional. Populasi penelitian seluruh siswa kelas II di MI PGM Kota Cirebon dengan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh sebanyak 48 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan nilai raport matematika semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan Self efficacy siswa kelas II di MI PGM Kota Cirebon berkategori sedang. Diketahui bahwa sebanyak 29 responden dengan presentase 60,4% memiliki self efficacy sedang dan sebanyak 1 responden dengan presentasi 2,1% memiliki self efficacy rendah. Prestasi belajar pada mata pelajaran matematika kelas II di MI PGM Kota Cirebon dapat disimpulkan bahwa mempunyai prestasi belajar pada mata pelajaran matematika dengan baik, menunjukkan presentasi 79,2%. Hubungan self efficacy dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II di MI PGM Kota Cirebon memiliki hubungan. Namun hubungan yang dimiliki dalam kategori rendah, karena nilai signifikan 0.056 sama dengan 0.05 maka korelasi bisa dilihat dengan membandingkan pearson correlation. Hasil ini menunjukkan Ho ditolak artinya ada hubungan self efficacy dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II di MI PGM Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Prestasi Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:08
Last Modified: 16 Jan 2023 02:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9283

Actions (login required)

View Item View Item