Peran Orang Tua Dalam Gerakan Literasi Siswa Kelas IV Di MI AL-Muhajirin Desa Gegesik Kidul Kabupaten Cirebon Tahun 2021/2022

Fadhilah Nurul Badriyah, (2022) Peran Orang Tua Dalam Gerakan Literasi Siswa Kelas IV Di MI AL-Muhajirin Desa Gegesik Kidul Kabupaten Cirebon Tahun 2021/2022. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya peran orang tua siswa dalam mendampingi anak dalam membaca, karena sibuk bekerja orang tua tidak memberikan bimbingan yang rutin kepada anak, terdapat beberapa siswa yang belum bisa mengenal huruf dan terdapat beberapa siswa yang belum bisa membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui proses gerakan literasi siswa kelas IV MI Al-Muhajirin Desa Gegesik Kidul Kabupaten Cirebon. Untuk mengetahui Peran Orang Tua Dalam Gerakan Literasi Siswa ketika membaca di MI Al-Muhajirin Desa Gegesik Kidul Kabupaten Cirebon. Untuk mengetahui Faktor apa yang mempengaruhi peran orang tua dalam gerakan literasi siswa kelas IV MI Al-Muhajirin Desa Gegesik Kidul Kabupaten Cirebon Mengapa peran orang tua dalam gerakan literasi itu penting karena orang tua merupakan madrasah pertama yang mendidik dari bayi hingga anak bisa mencapai cita-citanya, dengan adanya pendampingan orang tua siswa akan merasakan semangat dalam belajar dan membaca yang menjadikan tumbuhnya minat membaca dalam diri anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode kualitatif, fokus penelitian ini menjelaskan tentang peran orang tua dalam gerakan literasi siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. uji keabsahan data menggunakan uji ketekunan pengamatan, perpanjang pengamatan, trianggulasi, kecukupan referensi dan mengadakan member chek. Hasil penelitian mengenai peran orang tua dalam gerakan iterasi siswa kelas IV: (1) Kegiatan gerakan literasi di MI AL-Muhajirin telah diterapkan dengan kegiatan membaca yang dilestarikan di setiap kelas pada tahap pembiasaan. Adapun gerakan literasi di MI AL-Muhajirin meliputi membca buku non pelajaran, membaca dalam hati, membaca mandiri dan membaca bersama (2) Peran orang tua dalam gerakan literasi siswa kelas IVA di MI AL-Muhajirin belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena untuk orang tua Celsi sendiri masih jarang dan belum begitu terlihat perananya untuk literasi anak, sedangkan untuk peran orang tua dari Qoriah, Farhan, Sabit, dan Putri sudah berjalan cukup baik, dimana orang tua selalu peduli, memperhatikan, sehingga sudah terlihat perananya untuk pendidikan anaknya. (3) Faktor penghambat peran orang tua adalah mengatur waktu antara mendampingi belajar, membaca dan mengerjakan pekerjaan rumah, fasilitas anak seperti buku cerita, alat tulis dan sebagainya dan ketika anak asik bermain. Sedangkan faktor penunjang peran orang tua adalah minat anak, keluarga, teman bergaul, dan wawasan orang tua terhadap iptek, fasilitas dan mengatur waktu dengan baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua dan Gerakan Literasi Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:40
Last Modified: 17 Jan 2023 00:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9287

Actions (login required)

View Item View Item