Efektivitas Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas 3 Di SDN 3 SDN 3 Dawuan Plered Kab.Cirebon

Ida Asriyani, (2020) Efektivitas Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas 3 Di SDN 3 SDN 3 Dawuan Plered Kab.Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BBA I.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

huluan, yang mana terdapat permasalahan mengenai adanya bimbingan belajar di SDN 3 Dawuan Plered kota cirebon, dimana terdapat beberapa siswa yang masih kurang nya kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 3 seperti kurangnya minat membaca, kurang nya kelancaran berinteraksi dalam menggunakan Bhs.Indonesia, kurang nya keterapihan dalam menulis, kurang memahami tulisan yang di tulis oled sendiri, kurang kerjasama dan lainnya sehingga kurangnya rasa perduli akan diri sendiri yang menyebabkan adanya ketidak percayaan diri dalam mengungkapkan pendapat, kurang dalam memahami materi, kurang nya memahami tulisan, penurunan nilai di sekolah, bullying. Mengingat pentingnya membaca dan menulis yang sangat berguna dalam kehidupan bermasyarakat maka, adanya bimbingan belajar yang di adakan oleh sekolah menjadi salah satu Keefektifan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan belajar melalui kemampuan membaca dan menulis siswa. (2) Untuk mengetahui Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa kelas 3 yang meningkat setelah di adakan program bimbingan belajar. (3) Untuk mengetahui seberapa besar efektifitas Kemampuan Membaca dan Menulis melalui bimbingan belajar Siswa di kelas 3 SDN Dawuan III Plered. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex-post-facto dan desain penelitian korelasional.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi sistematis, wawancara terstruktur, dan study dokumentasi. Sampel yang digunakan sebanyak 31 orang siswa kelas 3 SDN 3 Dawuan Plered Kota Cirebon. Hasil rekapitulasi Berdasarkan pada Observasi berupa pernyataan tentang pelaksaan bimbingan belajar kepada siswa kelas 3A SDN III Dawuan Plered Kota Cirebon menunjukkan rata-rata siswa yang menjawab ya 27,2 atau 88%, sedangkan yang menjawab tidak 3,8 atau 12%. Dari data tersebut peneliti dapat menyimpulkan siswa kelas 3A merespon positif terhadap pelaksaan program bimbingan belajar dan sudah di katakan baik. Dan Hasil belajar Bhs.Indonesia yang diproleh oleh siswa kelas 3A sudah dikatakan baik kerena semua siswa yang berjumlah 31 siswa mendapatkan nilai Mean atau rata-rata Kemampuan Membaca dan Menulis sebesar 76.77 lebih tinggi dengan nilai yang ditetapkan dalam KKM mata pelajaran Bhs.Indonesia yaitu 70. Dan nilai median sebesar 83, Mode sebesar 85 sementara nilai minimal dan maksimal masing-masing sebesar 33 dan 100 dengan jumlah total pretes 2380. Sehingga dapat di ketahui data yang diperoleh dalam hasil koesioner dari data observasi berupa angket (Variabel X) dan data diperoleh dari guru dari nilai komulatif tes yang di lakukan siswa (variabel Y) yang menunjukan bahwa siswa kelas 3A dengan perolehan nilai rata-rata 27,2 atau 88% siswa merespon positif terhadap pelaksaan program bimbingan belajar dan sudah di katakan baik dan Hasil belajar Bhs.Indonesia yang diproleh oleh siswa kelas 3A sudah dikatakan baik kerena semua siswa yang berjumlah 31 siswa mendapatkan nilai Mean atau rata-rata Kemampuan Membaca dan Menulis sebesar 76.77 lebih tinggi dengan nilai yang ditetapkan dalam KKM mata pelajaran Bhs.Indonesia yaitu 70. Dengan nilai rata-rata mata pelajaran bahasa indonesia adalah 18 siswa dikatakan dapat melampaui nilai rata-rata, 5 siswa hanya melampaui nilai KKM, sedangakan 8 siswa belum mampu melampaui nilai KKM yang di tetepkan.Sehingga dapat di ketahui bahwa besarnya korelasi Berdasarkan hasil uji regresi di atas nilai signifikan sebesar 0,000 dan t hitung sebesar 5,523. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (5,523) lebih besar dari t tabel (1.69913) maka Ho ditolak, artinya bahwa terdapat ke Efektifan antara pelaksanaan program bimbingan belajar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa di SDN III Dawuan Plered Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar,Kemampuan Membaca Dan Menulis
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2023 00:47
Last Modified: 17 Jan 2023 00:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9289

Actions (login required)

View Item View Item