EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN HOTS SISWA MATERI IPA KELAS IV MI AL ANWAR SAMPIRAN

Dini Fitriani, (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN HOTS SISWA MATERI IPA KELAS IV MI AL ANWAR SAMPIRAN. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi situasi proses belajar siswa yang kurang termotivasi dan kurang aktif untuk belajar IPA, pembelajaran cenderung menggunakan model konvensional yang berpusat pada guru. Dalam proses pembelajaran di kelas siswa hanya mencatat materi dan mendengarkan penjelasan guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan model pembelajaran picture and picture. instrumen tes siswa masih kategori LOTS (low Order Thinking Skill) yang dalam penulisan soal tes hanya menguji pengetahuan siswa. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan instrument tes berbentuk soal HOTS untuk mengukur berpikir tingkat tinggi siswa. Model pembelajaran picture and picture merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang memotivasi siswa berpartisispasi aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. sedangkan mengenai kemampuan HOTS merupakan kemampuan berpikir kritis yang meliputi ranah kognitif C4 menganalisis, C5 mengevaluasi dan C6 mencipta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui model pembelajaran picture and picture pada materi IPA kelas IV di MI Al Anwar Sampiran Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. (2) mengetahui kemampuan HOTS siswa dalam materi IPA kelas IV di MI Al Anwar Sampiran Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan HOTS siswa materi IPA kelas IV di MI Al Anwar Sampiran Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sampel yang digunakan adalah kelas IV berjumlah 48 siswa. Data diperoleh diolah dengan menggunakan uji normalitas uji homogenitas) serta uji hipotesis dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat peningkatan kemampuan HOTS siswa setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture. hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis paired sample T-test (Sig. 2−tailed) 0,000 < 0,05 artinya hipotesis Ha diterima. Sehingga model pembelajaran picture and picture efektif terhadap kemampuan HOTS siswa kelas IV di MI Al-Anwar Sampiran. Adapun penerapan model pembelajaran picture and picture dilihat dari observasi guru menunjukkan bahwa 100% guru menerapkan model pembelajaran picture and picture dengan baik dan observasi aktivitas siswa menunjukkan nilai sebesar 92% siswa aktif dalam proses pembelajaran di kelas. pada uji N-Gain peningkatan rata-rata indeks pretest dan posttest sebesar 0,68 dengan kategori sedang jika di presentase hasilnya 68% kategori cukup efektif, yang berarti bahwa peningkatan kemampuan HOTS siswa menggunakan model pembelajaran picture and picture tergolong cukup efektif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Picture And Picture, HOTS Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:14
Last Modified: 17 Jan 2023 01:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9295

Actions (login required)

View Item View Item