PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIS WATHONIYAH ASTANAMUKTI

Hikmah Ayu Pratiwi, (2022) PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIS WATHONIYAH ASTANAMUKTI. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PURTAKA.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai karakter peduli lingkungan di MIS Wathoniyah Astanamukti tingkat kesadaran masih rendah, hal tersebut di tunjukan dari keseharian siswa yang kurang menjaga kebersihan kelas, kamar mandi, membuang sampah sembarangan, kebiasaan mencoret-coret meja dan dinding, jajan sembarangan serta belum memilah antara sampah organic dan non organic, peralatan kebersihan kurang memadahi. Untuk menganalisis permasalahan diatas peneliti menggunakan beberapa teori para ahli yaitu diantaranya variable X tentang peran guru akan mengacu kepada Djamarah. Sedangkan untuk menganalisis permasalahan variabel Y tentang karakter peduli lingkungan akan mengacu kepada Fathurrohman, P., Suryana, Aa., dan Fatriani, F,. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana peran guru dalam pembentukan nilai karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran tematik kelas IV di MIS Wathoniyah Astanamukti. (2) mengetahui bagaimana nilai karakter peduli lingkungan siswa kelas IV di MIS Wathoniyah Astanamukti. (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembentukan nilai karakter peduli lingkungan pada siswa kelas IV di MIS Wathoniyah Astanamukti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MIS Wathoniyah Astanamukti. Data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau vertifikasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) peran guru dalam pembentukan nilai karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran tematik kelas IV di MIS Wathoniyah Astanamukti sudah cukup membantu dalam pembentukan nilai karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran tematik. (2) nilai karakter peduli lingkungan siswa kelas IV di MIS Wathoniyah Astanamukti melalui indikator karakter peduli lingkungan yaitu pembisaaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah, tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan, pembisaaan hemat energy, menyediakan peralatan kebersihan sudah cukup baik. (3) faktor pendukung dan penghambat pembentukan nilai karakter peduli lingkungan pada siswa kelas IV di MIS Wathoniyah Astanamukti yaitu faktor pendukungnya adalah siswa melaksanakan jadwal piket yang sudah di buat, program jumat bersih, kerja sama semua warga sekolah, peran aktif guru terhadap perkembangan siswa. Adapun faktor penghambat adalah pengaruh pergaulan dari teman-temannya, kerjasama orang tua kurang, pengawasan guru dan siswa terbatas, kurangnya sarana dan prasarana.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Karakter Peduli Lingkungan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:04
Last Modified: 17 Jan 2023 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9304

Actions (login required)

View Item View Item