Pengaruh Penggunaan Metode Card Sort Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI An-Nur Kota Cirebon

Eka Wibawa, (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Card Sort Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI An-Nur Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penggunaan pembelajaran memelui metode Card Sort siswa kelas 4 di MI An-nur kota Cirebon, (2) Mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA, (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran melalui metode Card Sort terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas 4 MI An-nur kota Cirebon. Penelitian ini dilakukan di MI An-Nur Kota Cirebon dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas IV MI An-Nur kota Cirebon tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 39 siswa sedangkan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas IV.2 MI An-Nur Kota Cirebon dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas, analisis data observasi, analisis data angket, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil penilaian lembar observasi yang terdapat 12 aspek yang diamati memiliki presentase sebesar 100%, hal ini dapat disimpulkan bahwa proses kegiatan pembelajaran melalui metode pembelajaran Card Sort yang di persiapkan oleh guru telah sesuai dalam pelaksanaannya dengan presentase sebesar 100%, (2) Analisis data tentang motivasi belajar siswa dengan prosentase 740.00% dengan jumlah item pernyataan sebanyak 14 item pernyataan. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata (mean) bahwa nilai 84% berada diantara 81- 100%. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes motivasi belajar siswa MI An-nur kota Cirebon terdapat nilai tertinggi yaitu 100 dan nilai terendah 75, dengan rata-rata sebesar 85. dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa berkategori Sangat Baik, (3) Uji hipotesis dapat dinyatakan dengan membandingkan nilai signifikan yaitu: Jika nilai signifikan < 0,05 dan pada uji independen samples t Test diperoleh nilai signifikan (Sig. 2-tailed) 0,00 < 0,05 segingga dapat disimpulkan adanya pengaruh pembelajaran melalui metode pembelajaran Card Sort terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI An-nur kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort, Motivasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:49
Last Modified: 18 Jan 2023 00:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9312

Actions (login required)

View Item View Item