KESESUAIAN ANTARA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN

Ananda Dianti, (2022) KESESUAIAN ANTARA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di MI Al Washliyah Perbutulan, untuk mendeskripsikan gambaran pelaksanaan pembelajaran di kelas berdasarkan RPP, dan untuk mendeskripsikan kesesuian antara rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan pelaksanaan pembelajaran di MI Al Washliyah Perbutulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan Teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Data penelitian ini dianalisis dengan Reduksi data, Display data dan Verifikasi data. Sementara untuk subjek penelitian adalah kepada kepala sekolah dan guru kelas 3, 4, dan 5 MI Al Washliyah Perbutulan. Hasil penelitian mengenai Kesesuaian antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Pelaksanaan Pembelajaran di MI Al Washliyah Perbutulan yaitu: Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di MI Al Washliayah Perbutulan oleh guru kelas sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari pengamatan peneliti yang merujuk pada Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terkait Dengan Pelaksanaan Kurikulum 2013 meliputi komponen yang wajib ada yaitu Tujuan Pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian, Dalam pelaksanaan pembelajaran pada kelas 3, 4, dan 5 di MI Al Washliyah Perbutulan menggunakan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi (menalar), mengkomunikasikan. Selain itu juga dalam kegiatan inti ditemukan Penguatan Pendidikan Karakter PPK dan Literasi, Kesesuaian antara rencana pelaksanaan pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan sudah sesuai dengan RPP yang di buat guru namun masih ada beberapa komponen yang belum sesuai seperti tujuan pembelajaran tidak tercapai maka kegiatan inti pun tidak tercapai, juga media dan bahan yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pelaksanaan Pembelajaran, Kesesuaian RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:52
Last Modified: 18 Jan 2023 00:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9313

Actions (login required)

View Item View Item