Nabila Ihromi, (2022) Implementasi Sikap Religius Terhadap Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Pembiasaan di Kelas 4 MI Negeri Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Religius adalah nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan yang menunjukan bahwa pikiran, perkataan dan tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan atau ajaran agamanya. Implementasi sikap religius dapat diwujud kan melalui pengarahan dan pembinaan dengan menerapkan nilai-nilai religius.Dalam pelaksanaan sikap religius di SD/MI yaitu untuk mendorong peserta didik bersinergi dan mempunyai akhlak yang mulia. Sehingga siswa yang sebelumnya belum dibiasakan melakukan kegiatan kegiatan religius atau mengganggap kegiatan religius itu membosankan sehingga masih banyak siswa yang tidak mengikuti kegiatan dan masih bergurau ketika kegiatan pembiasaan berlangsung yang diterapkan di MIN Kota Cirebon. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi sikap religius siswa kelas IV MI Negeri Kota Cirebon, mengetahui implikasi penerapan sikap religius terhadap kedisiplinan siswa, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi sikap religius di MI Negeri Kota Cirebon. Kegiatan pembiasaan adalah hal yang terjadi berulang-ulang tanpa hubungan akal. Dalam pengertian fiqih dan Ushul Fiqih hal ini mencangkup kebiasaan dalam hal perkataan, perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dan menunjukan bahwa sesuatu itu dilakukan berkali-kali. Dengan demikian, sesuatu yang terjadi satu kali atau jarang terjadi tidak masuk dalam pengertian kebiasaan. Kegiatan pembiasaan ini di MI Negeri Kota Cirebon ada beberapa kegiatan yaitu, Sholat Dhuha berjama’ah, tadarusan surat-surat pendek, hafalan surat-surat, dan sedekah infaq. Dengan adanya kegiatan pembiasaan ini siswa akan melakukan nya secara berulang-ulang dan akan menjadi suatu kegiatan kebiasaan di setiap harinya baik disekolah maupun dirumah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data dan penarikan kesimpulan keabsahan data dilakukan dengan tringulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penerapan sikap religius melalui kegiatan pembiasaan di MIN Kota Cirebon dilaksanakan menggunakan metode yang dilakukan terus menerus dan terstruktur. Kegiatan sholat dhuha bersama, berdoa bersama, berdzikir bersama, dan sedekah infaq seikhlasnya. Nilai karakter yang ditanamkan disekolah adalah nilai religius, disiplin, dan tanggung jawab. Kemudian hasil dari penelitian yang penulis lakukan di MIN Kota Cirebon adalah siswa menjadi mandiri, disiplin, tanggung jawab, dan mau melaksanakan Ibadah disekolah maupun dilingkungan masyarakat.Sehingga penerapan sikap religius di MIN Kota Cirebon sukses dalam menerapkan sikap religius anak terhadap kedisiplinan siswa melalui kegiatan pembiasaan. Dengan adanya kegiatan pembiasaan tersebut, merupakan sebagai daya Tarik masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah tersebut. Kendala yang dihadapi dalam implementasi sikap religious terhadap kedisiplinan siswa melalui kegiatan pembiasaan yaitu adanya virus covid-19 sehingga kegiatan belajar kurang begitu maksimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi sikap religius, kedisiplinan, dan pembiasan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 01:05 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 01:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9316 |
Actions (login required)
View Item |