PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV MI AL ANWAR SAMPIRAN KABUPATEN CIREBON

Ayu Ningsih, (2022) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV MI AL ANWAR SAMPIRAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Peneliti ini didasari oleh permasalahan kurangnya guru memaksimalkan dalam pengelolaan kelas terlihat dari siswa yang bosan dan kurang antusias terhadap pembelajaran, pembelajaran kurang bervariasi sehingga menyulitkan siswa dalam memahami suatu materi pembelajaran terbukti pada saat guru memberikan tugas, siswa tidak mengerjakan melainkan mencari jawaban kepada temannya, kurangnya hiasan dinding seperti tidak adanya papan absensi, papan prestasi, foto pahlawan, yang menjadikan siswa kurang senang di dalam kelas, rendahnya kedisiplinan siswa terlihat dari ketika guru menerangkan suatu materi seharusnya siswa memperhatikan akan tetapi siswa asik mengobrol dengan teman sebangkunya, hal tersebut akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar dan pengelolaan kelas merupakan dua variabel yang saling berhubungan dan tak dapat dipisahkan satu sama lainnya sebagai suatu system. Pengelolaan kelas merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengintruksi di kelas secara efektif, pengelolaan kelas dianggap menjadi hal yang permanen dalam pendidikan karena mayoritas pembelajaran terjadi di dalam kelas. Hasil belajar adalah out put dari sebuah proses, maka baik buruknya hasil belajar akan sangat ditentukan oleh kinerja proses atau transformasi yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran dengan demikian kualitas pengelolaan kelas memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan membahas tentang (1) bagaimana pengelolaan kelas pada kelas IV di MI Al Anwar Sampiran Kabupaten Cirebon, (2) bagaimana hasil belajar siswa pada kelas IV di MI Al Anwar Sampiran Kabupaten Cirebon, (3) seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV di MI Al Anwar Sampiran Kabupaten Cirebon. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dan desain penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,angket dan tes. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas IV MI Al Anwar Sampiran yang berjumlah 48 siswa. Data penelitian ini di olah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji regresi sederhana, uji hipotesis, dan uji determinasi. Berdasarkan analisis data bahwa terdapat pengaruh yang baik dan signifikan antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV di MI Al Anwar Sampiran Kabupaten Cirebon. Hal ini ditunjukan oleh thitung sebesar 33,379 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang baik dan signifikan antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa hal ini di tunjukan dengan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 61,5% sedangkan 38,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:29
Last Modified: 18 Jan 2023 01:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9322

Actions (login required)

View Item View Item