PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DI MI PGM KOTA CIREBON

Nurfala Hudzaifah, (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DI MI PGM KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas IV C dan IV D MI PGM Kota Cirebon ditemukan bahwa hasil belajar IPA belum maksimal. Hasil belajar yang diperoleh pada kelas IV C dan IV D masih rendah, dibuktikan oleh nilai ulangan harian dan PTS IPA yakni 22 dari 43 peserta didik masih belum memenuhi KKM. Adapun KKM pada mata pelajaran IPA di kelas IV C dan IV D yaitu 70 pada semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dalam pembelajaran IPA di kelas IV C dan IV D MI PGM Kota Cirebon, mendeskripsikan hasil belajar IPA kelas IV C dan IV D MI PGM Kota Cirebon, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA di kelas IV C dan IV D MI PGM Kota Cirebon. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa presentase respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran IPA yaitu sebesar 87% dengan kriteria sangat kuat. Rata-rata hasil belajar IPA kelas IV C dan IV D setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yaitu sebesar 80,93, nilai tersebut meningkat dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 42,33. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar IPA sebesar 43,9% dengan nilai signifkan sebesar 0,000 yang artinya < 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel yaitu 5.633 > 1.683. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA kelas IV C dan IV D MI PGM Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif , Team Games Tournament, Pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:36
Last Modified: 18 Jan 2023 01:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9324

Actions (login required)

View Item View Item