Ayu Anjani, (2022) Implementasi Metode Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Sains Siswa Kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
Mayoritas orang tua siswa sibuk dengan pekerjaan sehingga memanjakan anak dengan menuruti segala kemauannya. Sehingga hal tersebut terbawa ke lingkungan sekolah yang menyebabkan siswa kurang percaya diri dan mandiri dalam belajar. Selain itu, siswa kurang dibiasakan atau dilatih belajar untuk dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Hal ini menyebabkan siswa cenderung menjadi sosok pribadi yang kurang dalam kemampuan pemecahan masalahnya. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah sains siswa di kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi metode problem posing di kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. (3) Untuk mendeskripsikan factor penghambat dan pendukung dalam implementasi metode problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah sains siswa di kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. Problem posing merupakan suatu gambaran pelaksanaan pembelajaran yang mengharuskan siswa berperan aktif karena pada metode ini siswa harus mampu mengajukan suatu permasalahan atau soal dan mereka secara mandiri dapat menjawab soal tersebut yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir, terutama dalam mencari sebab-akibat dari tujuan suatu masalah. Sedangkan, kemampuan pemecahan masalah dalam bidang sains pada dasarnya merupakan suatu proses menemukan jawaban dari permasalahan sains yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan studi dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. Data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kegiatan problem posing dilaksanakan oleh peneliti dan guru kelas V. Implementasi metode problem posing terdiri dari 5 tahapan, yaitu membahas masalah baru, mencatat dan menggambarkan temuan masalah, mengajukan soal, memilih salah satu soal untuk di prediksi solusinya dan mendiskusikan masalah dengan teman. (2) Kemampuan pemecahan masalah sains siswa kelas V MI An-Nur yang mengikuti kegiatan problem posing dari 30 siswa terdapat 9 siswa yang memperoleh nilai tertinggi sebesar 100. (3) Faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi metode problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah sains siswa kelas V MI AN-Nur Kota Cirebon menunjukkan bahwa beberapa peserta didik kesulitan dalam memahami dan menerapkan metode pembelajaran problem posing tersebut, sehingga dalam mengikuti kegiatan pembelajaran kurang begitu aktif dan factor pendukung pelaksanaan metode pembelajaran problem posing adalah pihak sekolah berusaha melengkapi segala sarana dan prasarana penunjang terutama alat peraga yang dibutuhkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sains |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 02:00 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 02:00 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9325 |
Actions (login required)
View Item |