Euis Desyafitri, (2022) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIST SISWA KELAS 3 DI MI HIDAYATUS SHIBYAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (883kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (654kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini menemukan fenomena pelaksanaan pembelajaran pada sekolah yang belum sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013, dan sebagaian besar siswa kelas 3 memiliki prestasi belajar pada mata pelajara Al-Qur’an Hadist sangat rendah. Rendahnya prestasi belajar ini bisa ditandai dengan kurangnya motivasi belajar dari orang tua dan lingkungan masyarakat untuk belajar, sikap pemalas yang tinggi dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, misalnya gadged, pengaruh media sosial, game online, banyaknya hiburan tv dan youtube, pengaruh pergaulan dirumah yang kurang positif, kurangnya sikap keseriuasan dalam belajar. Kurikulum merupakan bagian dari suatu sistem pengelolaan yang menyangkut perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dijadikan pedoman atau panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam pendidikan. Prestasi belajar adalah hasil penilaian pendidikan tentang kemajuan prestasi siswa setelah melakukan aktivitas belajar Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk memperoleh data perihal penerapan kurikulum 2013 di MI Hidayatus Shibyan, (2) Untuk memperoleh data perihal prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ai-Qur’an Haist kelas 3 di MI Hidayatus Shibyan, (3) Untuk memperoleh data perihal seberapa besar pengaruh kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas 3 Mi Hidayatus Shibyan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. populasi penelitian ini sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Pengambil sampel menggunakan sampel jenuh. Variabel yang dikaji adalah penerapan kurikulum 2013 dan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas 3. Desaian penelitian ini menggunakan ex-post facto. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes tertulis, angket digunakan untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013, sedangkan tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas 3 Mi Hidayatus Shibyan. Uji validitas menggunakan rumus pearson correlation, sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa, (1) Penerapan Kurikulum 2013 berkategorikan tinggi, yaitu sebesar 82, (2) Prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas berkategorikan kurang, yaitu sebesar 39,4 dan (3) ada pengaruh yang signifikan antara penerapan kurikulum 2013 dan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas 3 MI Hidayatus Shibyan. Hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung> t tabel (0,367>0,361). Dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan kurikulum 2013 berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajara Al-Quran Hadist siswa kelas 3 MI Hidayatus Shibyan dengan pengaruh sebesar 4%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Prestasi belajar Al-Qur’an Hadist |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 00:38 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 00:38 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9328 |
Actions (login required)
View Item |